Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Semarakkan Konvensi Hak Anak, Traditional Games Returns Gelar Roadshow Permainan Tradisional

Selasa, 03 Desember 2019 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 490 Kali

Dalam rangka memeringati disepakatinya Konvensi Hak Anak tahun 1989, Komunitas Traditional Games Returns menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Traditional Games Returns Campaign Roadshow”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 24 November 2019, pukul 09.00 – 14.00 WIB dan berlokasi di Yayasan Diakoneia Modern, jalan Rawa Dolar no. 29, Kampung Raden RT/RW 01/05, Kelurahan Jatirangon, Kecamatan Jatisampurna, Pondok Gede, Kota Bekasi.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Mengusung tema “30 Tahun Konvensi Hak-Hak Anak: Mewujudkan Hak Bermain Anak Melalui Permainan Tradisional”, kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi salah satu di antara sepuluh hak anak yang harus diberikan, yaitu hak bermain. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa penampilan kesenian angklung oleh anak-anak Yayasan KDM, edukasi tentang permainan tradisional hingga bermain permainan tradisional. Pada penghujung kegiatan, peserta diajak untuk menulis kesan dan pesan setelah bermain permainan tradisional di atas layang-layang.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Hertha Christabelle, M.Psi., selaku Psikolog Anak mengemukakan, “Permainan tradisional merupakan sebuah budaya yang patut dilestarikan. Selain itu, permainan tradisional dapat memberikan edukasi kognitif, afektif dan psikologis anak. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak dapat bermain permainan tradisional yang menjadi media hiburan bagi anak. Ke depannya, diharapkan orang tua lebih memperhatikan tumbuh kembang anak dan memahami batasan bermain gawai pada anak supaya dapat meningkatkan hubungan kekeluargaan antara anak dengan orang tua.”

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Komunitas Traditional Games Returns berkonsentrasi pada hak bermain anak khususnya bermain permainan tradisional. Adapun slogan yang diusung, yaitu “Lupakan gadgetmu, ayo main di luar” yang bertujuan untuk menyeimbangkan berbagai potensi yang membantu tumbuh kembang anak. Komunitas Traditional Games Returns juga mengajak RPTRA untuk berkolaborasi dalam membentuk ruang lingkup bermain pada anak.

Nah, sobat TGR juga bisa mengajak kami berkolaborasi utuk mengadakan kegiatan bermain permainan tradisional dengan cara mengisi lengkap formulir iniLupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (VDH/ed.SF)

Tgr Event Roadshow Permainan Tradisional
Komentari Tulisan