Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Mengenal KPOTI, Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia

Selasa, 10 Desember 2019 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 816 Kali

Halo Sobat TGR!

Saat kita berbicara tentang permainan tradisional, sobat semua pasti menyukai permainan yang paling mengesankan bagi dan tidak pernah terlupakan, contohnya engklek, gobak sodor, bentengan, lompat tali/karet, kelereng, atau mungkin yang lainnya. Tahukah sobat TGR, bahwa di Indonesia terdapat 2.600 jenis permainan tradisional secara keseluruhan? Sungguh kekayaan lokal yang luar biasa. Namun, berapa banyak yang sobat ketahui? Atau, berapa banyak yang sudah sobat mainkan?

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Pada tanggal 8-11 Desember 2019 berlokasi di kaki Gunung Salak, Bogor, Traditional Games Returns (TGR) Community berkesempatan untuk menghadiri Musyawarah Nasional pembentukan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (KPOTI). Acara tersebut diikuti sebanyak 170 peserta dari kalangan pegiat dan pengrajin permainan tradisional, serta turut hadir pula perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Dalam forum tersebut diputuskan melalui tim formatur dan mengangkat Dr. M. Zaini Alif, S.Sn., M.Drs., menjadi Ketua Umum KPOTI. Dalam penuturannya, ia mencoba untuk menawarkan terobosan di bidang pendidikan khususnya anak-anak sekolah. Yakni, sebuah program bermain permainan tradisional selama 30 menit sebelum memulai pelajaran sekolah. Hal ini diharapkan agar siswa bisa memulai pelajaran dengan senang, riang dan gembira. Lebih lanjut, ia juga menuturkan bahwa permainan tradisional menjadi aktif kembali bukan karena peran atau hadirnya KPOTI, melainkan munculnya kepedulian dari masyarakat untuk melestarikannya.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Setiap orang bisa ambil peran dalam melestarikan permainan tradisional, cukup dengan memulai dari apa yang kita tahu terlebih dahulu, kemudian dikenalkan lalu bermain dengan senang hati. Lama kelamaan, keinginan untuk mengetahui jenis permainan tradisional lain akan muncul dengan sendirinya. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (MS/ed.SF)

Permainan Tradisional Kpoti
Komentar
Norsyamdani - Kamis, 04 Juni 2020

Sosialisasikn k daerah2...

dr Teguh Iskadir SpAn - Kamis, 27 Februari 2020

Pengeeennn gabung

Komentari Tulisan