Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Persembahan untuk Hari Anak Nasional 2020, Traditional Games Returns Community dan Mahavira Studio Rilis Kartu Permainan Tak-Umpet!

Kamis, 23 Juli 2020 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 213 Kali

Press Release

Jakarta, 23 Juli 2020 - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2020, Traditional Games Returns (TGR) Community bersama Mahavira Studio meluncurkan kartu Tak-Umpet, permainan baru berbentuk kartu yang dapat dimainkan di mana saja, khususnya di rumah bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Permainan ini adalah cara baru bermain petak umpet yang dirilis pada kanal media sosial Instagram @tgrcampaign dan @mahavira.studio. Peluncuran permainan tersebut merupakan salah satu bagian kampanye Hari Anak Nasional 2020 yang sedang digaungkan oleh TGR Community.

Kartu Tak-Umpet merupakan persembahan TGR Community dan Mahavira Studio kepada anak-anak Indonesia di Hari Anak tahun ini. Berawal dari misi mewujudkan hak bermain anak yang sarat manfaat, dua di antaranya yakni mengasah kemampuan dalam mengatur strategi dan daya ingat anak. Kartu Tak-Umpet dirilis sebagai cara baru dalam bermain petak umpet. Pada setiap satu set permainan terdapat 18 lembar kartu yang menggambarkan tempat untuk bersembunyi. Putaran permainan berlangsung sebanyak empat ronde dan dapat dimainkan oleh dua orang pemain atau lebih. (Tutorial bermain dapat disaksikan di sini)

Vikha, game designer Mahavira Studio mengungkapkan, “Saat ini kita sering kali lupa bahwa bermain itu penting bagi anak. Padahal, dengan bermain kita bisa mengasah kreativitas dan belajar sesuatu yang tidak didapatkan di sekolah. Maka, lewat Tak-Umpet, kita berusaha mengajak masyarakat untuk berimajinasi dan bermain bersama keluarga.” Vikha juga menuturkan, “Semoga dengan adanya Tak-Umpet ini, bisa menjadi hiburan alternatif sekaligus pembuka jalan permainan tradisional untuk masuk ke era yang lebih modern.”

Sementara itu, Hertha Christabelle Hambalie, M.Psi., selaku psikolog klinis anak sekaligus tim TGR mengatakan, “Card games bisa menjadi salah satu media yang baik untuk membentuk kedekatan dengan keluarga ataupun teman sebaya. Permainan Tak-Umpet membantu anak bermain sambil belajar, mengasah daya ingat, konsentrasi, berhitung, perencanaan, kerjasama dan kesabaran dengan cara yang menyenangkan.”

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (SF)

###

 

Tentang Traditional Games Returns Community

Traditional Games Returns (TGR) Community merupakan komunitas sosial budaya yang berkonsentrasi pada pemenuhan hak bermain anak. TGR Community bertujuan untuk menyosialisasikan permainan tradisional kepada masyarakat, melestarikan permainan tradisional serta mengembalikan antusiasme anak-anak Indonesia untuk kembali bermain permainan tradisional di era modern. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan alternatif permainan selain permainan digital sekaligus mencegah adiksi gawai pada anak.  

 

Tentang Mahavira Studio

Mahavira Studio merupakan board game designer berbasis di Bogor yang mengunggah hal seputar board games dan gamification. Kegiatan Mahavira Studio antara lain menyelenggarakan workshop seputar board games dan mengadakan sesi bermain kepada khalayak umum, serta konsultan gim.

Info Tgr Tgr Campaign Kartu Takumpet
Komentari Tulisan