Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Yuk, Berkreasi dan Bermain Permainan Tradisional di Rumah!

Sabtu, 10 Oktober 2020 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 200 Kali

Halo Sobat TGR!

Beberapa waktu lalu, TGR mengadakan Live Instagram bareng Ibu Grace dari Dinas DPPAPP DKI Jakarta (teman-teman dapat melihat siarannya di sini). Salah satu topik yang dibahas ialah seputar permainan tradisional yang bisa dimainkan di rumah. Apalagi pada masa pandemik seperti saat ini, aktivitas kita terhambat untuk bermain di luar, maka tidak heran jika aktivitas lebih banyak dikerjakan di rumah. Eits, tapi bukan berarti sobat semua menghibur diri dan terlampau asyik dengan gadget/gawai masing-masing, ya!

(Dokumentasi TGR Community, 2018)

 

Sobat TGR patut tahu, penting bagi anak dan orang tua untuk merekatkan ikatan kekeluargaan dengan banyak aktivitas. Aktivitas yang saat ini lumrah dilakukan secara online/daring bukan berarti dapat dijalani secara terus-menerus. Satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat kesepakatan pada diri sendiri maupun anggota keluarga dalam membatasi penggunaan gawai. Intinya harus ada aktivitas yang tetap melatih gerak tubuh, konsentrasi, interaksi, kreatifitas dan lain sebagainya. Yuk, simak permainan apa saja yang bisa dimainkan di rumah dan dikreasikan sendiri!

  • Tic Tac Toe

Tic tac toe, atau dalam bahasa Indonesia permainan ini disebut silang-bulat-silang, adalah permainan yang cukup sederhana dan mampu melatih kecerdasan, khususnya tentang matematika. Sobat semua sepakat dong, selain karena sangat menyenangkan, pemainan ­tic tac toe dapat dimainkan di mana pun dan kapan pun! Sobat TGR hanya membutuhkan media selembar kertas dan sebuah alat tulis, serta seorang teman sebagai lawan tentunya.

(Dokumentasi mathworld.wolfram.com, diakses 8 Oktober 2020)

 

Permainan ini diawali dengan menggambar petak persegi 3x3 atau dengan menarik dua garis sejajar yang tegak lurus. Kemudian, pemain menentukan simbol yang akan dimainkan, umumnya adalah silang “X” dan bulat “O”. Setelah menentukan giliran bermain, pemain pertama menggambar simbolnya pada petak permainan lalu diikuti pemain kedua secara bergantian. Permainan berakhir ketika salah satu pemain telah menggambar tiga simbol dalam satu deret, tarik satu garis melintang dan ia dinyatakan sebagai pemenang.

Uniknya, ada banyak cara dan pola dalam permainan ini, sehingga menjadi tantangan yang menarik untuk dipecahkan. Usut punya usut, tic tac toe dapat melatih kemampuan berpikir secara algoritmik, serta mengajarkan kepekaan dalam menemukan solusi yang terbaik. Menarik, bukan?

  • Bitingan

Bitingan adalah salah satu permainan tradisional sederhana yang dapat dimainkan oleh 3–4 orang pemain. Alat yang dimainkan berupa biting (lidi dari bambu) yang dapat diberi warna supaya menarik. Ukuran biting bervariasi, namun umumnya memiliki panjang sekitar 20 cm dan semua harus sama panjang. Selain itu, jumlah dari biting yang dimainkan juga tidak dibatasi, sebab semakin banyak jumlahnya maka permainan akan semakin seru.

(Dokumentasi bangsaid.com, diakses 8 Oktober 2020)

 

Cara memainkannya pun terbilang sangat mudah, lho! Sobat dapat memainkannya di meja, lantai, atau tempat lain asalkan permukaannya rata. Setelah menentukan giliran bermain, pemain pertama mengumpulkan seluruh biting dalam satu genggaman, kemudian dilepaskan hingga menyebar/berserakan. Semakin menyebar maka semakin bagus dan pastinya beberapa biting akan saling tumpang-tindih. Nah, inilah tantangannya, setiap pemain berkesempatan mengambil biting tersebut tanpa menggerakkan biting lainnya terlalu jauh. Jika si pemain gagal, maka giliran akan berganti ke pemain berikutnya. Pemenang ditentukan dengan menghitung jumlah biting terbanyak yang berhasil diambil. Sederhana tetapi perlu trik, pastinya seru deh!

Permainan ini sangat baik dalam melatih naluri sekaligus konsentrasi. Di samping itu, bitingan juga mengajarkan ilmu fisika lho! Lebih tepatnya tentang konsep keseimbangan antara tumpuan setiap biting yang tumpang-tindih. Jika asal mengambil tanpa memperhatikan titik pusat massa (center of gravity) dari biting tersebut, tentunya akan menyebabkan bilah biting di sekitarnya bergerak. Tertarik mencoba?

Mirip dengan permainan tic tac toe, permai nan catur Jawa ini tidak kalah menyenangkan, lho! Mula-mula, buat denah permainan pada selembar kertas, tarik garis delapan arah mata angin, lalu tarik garis lurus di setiap ujung yang tidak bertumpu sehingga membentuk seperti persegi.

(Ilustrasi Adhilaksma, 2020)

 

Permainan ini membutuhkan dua orang pemain dan setiap pemain diberikan bidak/pion sebanyak tiga buah yang disusun berjajar. Bidak bisa berupa potongan kertas, koin, kerikil, atau benda lainnya. Pemain hanya dapat menjalankan bidak sebanyak satu kali pada setiap kesempatan jalan, namun ia tidak bisa meletakkan bidak ke titik yang sudah bidaknya. Kemudian, pemenangnya adalah pemain yang lebih dulu berhasil menyusun bidaknya sejajar secara horizontal, vertikal atau diagonal.

 

Sebetulnya, masih banyak permainan-permainan yang dapat dikreasikan serta dimainkan di rumah, contohnya congklak, balogo, Surakarta Board Game dan lain sebagainya. Sobat dapat membuat sendiri sekreatif mungkin. Selain menyenangkan, melalui permainan tersebut Sobat akan belajar macam-macam ilmu seperti geometri, bangun ruang, algoritma, fisika dan lain-lain. Tunggu apa lagi? Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (CAA/ed.SF)

 

Referensi:

Muhammad Farras Muttaqin, K. B. (2018). Penerapan Algoritma Minimax pada Permainan Tradisional Catur Jawa Skala 3x3 Untuk Meningkatkan Daya Tarik Pemain. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 39-44.

Said. (2020, Juli 12). Stop Video Games! Permainan Tradisional Jauh Lebih Baik. Diambil kembali dari Bangsaid: https://bangsaid.com/2015/08/stop-video-games-permainan-tradisional-jauh-lebih-baik.html. Diakses 15 September 2020.

Tyas, R. R. (2020, July 17). BITINGAN, Permainan Masa Kecil Menantang Adrenalin. Diambil kembali dari Coretan Ran: https://www.ranirtyas.com/2016/01/bitingan-permainan-masa-kecil-menantang.html. Diakses 15 September 2020.

W., W. E. (2020, Juli 19). Tic-Tac-Toe. Diambil kembali dari Wolfram Research Mathworld: https://mathworld.wolfram.com/Tic-Tac-Toe.html. Diakses 15 September 2020. 

Permainan Tradisional Permainan Rumah Bermain Di Rumah
Komentari Tulisan