Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Mengenal Permainan Asal Betawi: Tuk Tuk Geni

Selasa, 05 Januari 2021 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 8211 Kali

Halo Sobat TGR!

Apakah Sobat TGR pernah mendengar tentang permainan Tuk Tuk GeniPermainan Tuk Tuk Geni atau sering disebut juga Nenek Gerondong merupakan permainan khas asal Betawi yang sudah dimainkan sejak dahulu. Uniknya, permainan ini bisa kita mainkan di dalam maupun di luar ruangan lho! Permainan ini menceritakan tentang seorang nenek gerondong yang digambarkan sebagai orang miskin, hendak meminta izin untuk mengambil ubi milik anak-anak. Menarik, bukan? Lalu, bagaimana cara memainkannya?

Pembagian peran dalam permainan Tuk Tuk Geni dapat dilakukan dengan hompimpa atau gambreng yang dilakukan bersama-sama pada awal permainan. Salah satu pemain yang kalah hompimpa berperan menjadi nenek gerondong, sementara pemain lain duduk berbaris dengan saling memeluk pinggang pemain di depannya.

(Ilustrasi Rosa Ratnawati via Lembaga Kebudayaan Betawi, diakses 5 Januari 2021)

 

Umumnya, permainan dilakukan dengan menggunakan pohon atau tiang yang kokoh dan tidak terlalu besar untuk dipeluk oleh pemain paling depan. Selama permainan, nenek gerondong akan melantunkan lagu dan dijawab beriringan oleh pemain lain yang berperan sebagai anak pemilik ubi.

Tok-tok-tok

Sapa tu

Nenek Gerondong

Mau Minta Apa

Mau minta ubi

Baru daun satu

Setelah syair berakhir, nenek gerondong akan menarik salah seorang pemain dari barisan secara acak. Biasanya, pemain paling belakanglah yang akan ditarik terlebih dahulu. Pemain yang keluar dari barisan, nantinya akan membantu nenek gerondong untuk menarik anak-anak lainnya keluar dari barisan.

Setelah semua pemain yang berperan sebagai pemilik ubi terlepas, mereka akan lari dan bersembunyi dari nenek gerondong. Orang pertama yang ditemukan oleh nenek gerondong akan menjadi nenek gerondong di permainan berikutnya. Alur permainan yang cukup sederhana ini menjelaskan bahwa permainan Tuk-Tuk Geni tidak memiliki peraturan yang ketat dan dapat dimainkan dengan gembira sambil asyik bernyanyi dan tertawa.

 

Permainan ini dapat meningkatkan rasa kompetitif, kerja sama, kepekaan anak dalam mendengarkan perintah, sikap saling membantu dan melindungi. Manfaat permainan Tuk Tuk Geni juga dijelaskan oleh salah orang budayawan Betawi, Yahya Andi Saputra (2019). Beliau mengatakan bahwa permainan ini mengajarkan anak-anak untuk senantiasa mematuhi perintah atau ucapan dari nenek atau orang tua, jika mereka mengikutinya maka kehidupan mereka akan menjadi lebih baik.

Selain itu, nenek gerondong mengajarkan kesetiaan, kehormatan dan kemuliaan kepada orang-orang yang lebih tua. Permainan ini juga dapat membantu anak untuk mengatasi rasa stress akibat belajar atau masalah lainnya dengan berlari, tertawa dan bernyanyi. Harapannya, dengan bermain Tuk-Tuk Geni anak akan merasa senang, terlebih lagi permainan ini dilakukan bersama banyak teman yang membuatnya semakin seru untuk dimainkan.

Kesimpulannya, permainan ini tidak hanya mudah dimainkan tetapi memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang anak. Kita sebagai generasi muda, patut mengenalkan permainan Tuk Tuk Geni pada anak, sekaligus ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya tradisional Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (Pra/ed.Jsk)

 

REFERENSI

Lembaga Kebudayaan Betawi. (2020). Tuk Tuk Geni. https://lembagakebudayaanbetawi.org/tuk-tuk-geni/. Diakses tanggal 8 Oktober 2020.

___. (tanpa tahun). Tuk Tuk Geni. http://www.setubabakanbetawi.com/tuk-tuk-geni/. Diakses tanggal 9 Oktober 2020.

Saputra, Y. A. Jakarta Tourism. 2019. Permainan nenek gerondong, permainan anak tradisional. Diunggah 27 Desember 2019, diakses pada 10 Oktober 2020. Video Youtube, 4:03, https://youtu.be/wZ5Ktms4q0s 

 

Permainan Tradisional Tuk Tuk Geni
Komentari Tulisan