Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Aksi New Normal TGR Pekalongan

Kamis, 17 Juni 2021 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 70 Kali

Pekalongan, 13 Juni 2021 - Setelah sekian lama kegiatan terhenti karena pandemi, komunitas permainan tradisional Kota Pekalongan atau yang dikenal dengan nama TGR Pekalongan kembali menggelar aksi mingguan dengan nuansa baru, tentunya memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Juni 2021 dan bertempat di Taman Nursery Horikultura Kota Pekalongan. Sejumlah lima orang perwakilan relawan TGR Pekalongan berangkat menuju lokasi sekitar pukul 07.00 WIB.

(Dokumentasi TGR Pekalongan, 2021)

 

Udara yang segar dengan nuansa taman bunga dan rumput hijau menambah semangat tim TGR untuk kembali mengampanyekan permainan tradisional. Kegiatan diawali dengan briefing tim sembari menyiapkan peralatan permainan yang sudah dibawa dari basecamp dan memulai untuk mencari target yaitu anak-anak. Suasana di lokasi cukup mendukung sebab banyak pengunjung yang berolahraga sembari mengajak buah hatinya. Para pengunjung pun tertarik dengan kehadiran tim TGR Pekalongan dan mulai memainkan satu demi satu permainan yang disediakan.

    

(Dokumentasi TGR Pekalongan, 2021)

 

Ketika tim TGR Pekalongan sedang bersemangat menarik perhatian pengunjung taman, sekelompok anak-anak usia sekolah dasar menghampiri dan segera turut serta bermain. Mereka diarahkan untuk menuju pos pos permainan yang sudah disebar sesuai lokasi tujuannya agar tidak bergerombol yang bisa mengakibatkan kerumunan. Tim relawan berusaha menjelaskan mulai dari nama permainan, cara bermain, serta memberikan edukasi mengenai dampak penggunaan gadget  yang berlebihan.

(Dokumentasi TGR Pekalongan, 2021)

 

Hasan selaku ketua dari komunitas ini mengatakan, “Luar biasa sekali antusias mereka, setelah sekian lama tidak leluasa beraktifitas di luar rumah, hari ini kami mampu memberikan edukasi sekaligus bergembira bersama. Di sisi lain, mereka juga menemukan hal baru untuk mengisi waktu libur dan refreshing diri dengan bermain permainan tradisional”.

Selain itu, tim TGR Pekalongan juga mendapat apresiasi dari beberapa pengunjung taman dengan kehadiran komunitas ini. Menurut para pengunjung dewasa tersebut, selama ini anak-anak hanya tahu bermain handphone saja, tidak seperti jaman dulu yang bisa dolanan rahat disambi ngrumat atau dalam bahasa Indonesia artinya "bermain bersama  dengan riang gembira sembari menjaga dan melestarikan budaya tradisional yang ada". Menjelang siang, tim TGR mengakhiri kegiatan tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada anak-anak yang sudah antusias mencoba beberapa permainan yang disediakan. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (HAS/ed.SF)

Tgr Campaign Tgr Pekalongan New Normal Permainan Tradisional
Komentari Tulisan