Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Peduli Lingkungan melalui Permainan Pelepah Palem

Rabu, 10 Nopember 2021 ~ Oleh Cyrillia Safina Hadi ~ Dilihat 160 Kali

Halo Sobat TGR!

Perkenalkan, namaku Cyril. Aku berasal dari Depok. Siapa yang tahu permainan pelepah palem? Biasanya, permainan ini dimainkan di tanah yang miring, kemudian seperti perosotan, kita akan meluncur ke bawah sampai akhirnya berhenti. Permainan pelepah palem termasuk dalam permainan tradisional di Indonesia lho, Sobat! Bahan yang dibutuhkan untuk bermain pun terbilang mudah dicari, cukup menggunakan pelepah palem kering yang sudah gugur dari pohonnya. Kemudian, pelepah palem tersebut dibawa ke tanah yang miring untuk meluncur sambil duduk di atasnya. Meski sederhana, anak-anak yang memainkan permainan ini akan terus mengulanginya untuk bersenang-senang hingga merasa puas.

 

Ternyata, permainan pelepah palem bukan sekadar permainan biasa lho, tetapi juga memperlihatkan bahwa kita peduli pada lingkungan. Kita sering lupa bagaimana caranya peduli pada lingkungan. Lewat permainan ini, kamu mendorong gerakan 3R atau Reuse, Reduce, Recycle yang dapat melindungi bumi. Pelepah palem yang gugur seringkali dibakar, akan tetapi hasil pembakaran tersebut akan mengeluarkan asap yang menyebabkan polusi udara.

 

Dibandingkan membuang atau membakar pelepah palem yang gugur, kita dapat menggunakannya untuk bermain. Selain itu, pelepah palem yang sudah selesai dipakai bermain masih bisa diolah kembali menjadi fungsi lain, seperti sapu dan hiasan rumah. Memanfaatkan kembali barang yang sudah tidak berguna adalah bentuk nyata dari recycle lho teman - teman!

 

Permainan tradisional yang kita lihat sebagai sesuatu yang sederhana, ternyata membawa dampak yang besar juga ya! Tanpa kita sadari, hal kecil yang kita lakukan untuk kesenangan membuat kita menjadi pahlawan penjaga hutan. Bertepatan dengan hari pahlawan di hari ini, aku ingin mengingatkan kalian bahwa segala sesuatu yang kita lakukan bahkan hal kecil sekalipun dapat membuat kalian menjadi pahlawan bagi sekitar.

 

Dengan bermain permainan tradisional, kita berlatih untuk menjadi banyak akal sekaligus menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam. Ini hanyalah satu dari sekian karakter positif seorang pahlawan. Menurutku, kita bisa menjadi pahlawan hanya dengan memainkan permainan pelepah palem ini. Kalau menurut kamu, apa yang bisa menjadikan kita sebagai pahlawan? (Kontributor, Cyrillia Safina Hadi/ed.SF)

 

Referensi:

Anonim. 2015. Tak Ada Pelepah Daun Pinang, Daun Palm pun Jadi. Diambil dari eMadura: https://www.emadura.com/2015/07/tak-ada-pelepah-daun-pinang-daun-palm-pun-jadi.html. Diakses 9 November 2021.

Opini Sobat Tgr Pelepah Palem
Komentari Tulisan