Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Ringkasan #KisahBermain Edisi Bulan Maret

Sabtu, 02 April 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 350 Kali

Halo Sobat TGR!

Melanjutkan program #KisahBermain, pada bulan Maret ini ada empat episode yang tayang di Instagram Live @tgrcampaign. Penasaran dengan cerita-cerita seru yang dialami oleh para narasumber? Simak episodenya berikut ini!

 

"Dari Main Pecah Piring Sampai Rakit Layangan Sendiri" 

Episode #5: Jum'at, 4 Maret 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Lia Permata Br Karo | Moderator: Salsha Rahmadanita | saksikan di sini

 

Permainan tradisional yang sering dimainkan Lia ketika kecil di Medan adalah layangan, pecah piring, congklak, main batu lima, lompat karet, main ketapel, gobak sodor, petak umpet. Permainan tradisional baginya masih relevan dengan perkembangan zaman karena dapat meningkatkan kualitas komunikasi dengan orang sekitar, meningkatkan keakraban, mengasah otak untuk mengatur strategi dan menjaga kesehatan mental. Lupaken gadgetndu, ota ita main i luar. Lupaken gadgetndu, ota ita main i jabu.

 

"Bermain Buaya-Buayaan hingga Memecahkan Misi Petak Umpet Rahasia dari Magelang" 

Episode #6: Jum'at, 11 Maret 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Milda Auliya Eriyana | Moderator: Kartiningsih | saksikan di sini.

 

Permainan tradisional khas Magelang yang sering dimainkan oleh Milda antara lain ingkling, buaya-buayaan, dakron dan bekel. Bukan hanya bersama teman, Milda juga sering bermain tradisional bersama guru sekolahnya dalam ekstrakurikuler. Menurut Milda #KisahBermain ini membantunya mengingat kenangan manis ketika bermain permainan tradisional bersama teman-temannya semasa kecil. Gletakke hapemu yok bali nang ngomah.

 

"Bulan Purnama Main di Luar? Intip Keseruan Masa Kecil Anak Menteng" 

Episode #7: Jum'at, 18 Maret 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Andri Ramdhani | Moderator: Fara Yulindra | saksikan di sini.

 

Lahir di Tasikmalaya, Andri  justru banyak menghabiskan masa kecilnya di kawasan Menteng, Jakarta. Bersama tetangga dan teman sekolahnya Ia sering memainkan ular naga, dampu bulan, galasin, adu bunga bayam dan nenek gerondong. Baginya permainan tradisional masih sangat relevan dimainkan di masa kini karena banyak filosofi yang terkandung di dalamnya. Lupakeun Gadgetmu, Hayuu Main di Umah.

 

"Pesona Kampung Permainan Tradisional RPTRA Tanjong Timor Kep. Seribu" 

Episode #8: Jum'at, 25 Maret 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Fitriana | Moderator: Miftah Nabilla Mutakin Putri | saksikan di sini.

 

Pengelola RPTRA Tanjong Timor Kepulauan Seribu ini memiliki banyak memori masa kecil bermain di tepi pantai. Seperti bermain congklak dengan pasir, pataliun, dorong ban, lompat karet, engke-engke dan saya orang kaya, saya orang miskin. Fitriana merasa sangat senang dapat membagikan ceritanya dan kisah inspiratifnya. Lupain tuh gadget, nyo maen tang luar!

 

"Kaulinan Barudak Sunda: Cara Jitu Bonding Kreatif dengan Adik" 

Episode #9: Jum'at, 1 April 2022 pukul 16.00-17.00 WIB

Narasumber: Intan Puspita Asri | Moderator: Indah Dian Rochmawati | saksikan di sini.

 

Gadis kelahiran Kuningan ini punya pengalaman masa kecil yang membuatnya bahagia. Intan seringkali bermain congklak, jiglong, prepet jengkol, paciwit-ciwit lutung, cingciripit, oray-orayan, ucing sumput, endog-endogan, bakiak, ucang angge, egrang, hahayaman, iimahan, boiboian dan sosodoran bersama ibu dan adiknya. Kendati merantau di kota yang berbeda, Intan selalu mengingatkan adiknya untuk bijak menggunakan gawainya dan aktif bermain tradisional bersama keluarga dan lingkungan sekitarnya. Tinggalkeun gadgetna, hayu urang Ameng di bumi!

 

Ingat, Sobat TGR wajib tonton terus Instagram Live #KisahBermain tiap hari Jumat. Nantikan episode berikut yang tidak kalah seru di Ramadan bulan April! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (SF&AW)

Info Tgr Kisah Bermain Live Instagram Instagram Live Tgr Kepo
Komentari Tulisan