Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Ringkasan #KisahBermain Edisi Bulan April

Sabtu, 14 Mei 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 106 Kali

Halo Sobat TGR!

Program #KisahBermain selama bulan April, ada empat episode yang tayang di Instagram Live @tgrcampaign. Penasaran dengan cerita-cerita seru yang dialami oleh para narasumber? Simak episodenya berikut ini!

 

"Sukses Capai Berat Badan Ideal dengan Permainan Tradisional" 

Episode #10: Jum'at, 8 April 2022 pukul 16.00-17.00 WIB

Narasumber: M. Faizal Hasan Asari | Moderator: Indri Ajeng Setyoningrum | saksikan di sini

 

Sebagai TGR Ambassador Jawa Tengah, Faizal percaya bahwa permainan tradisional yang diturunkan oleh nenek moyang kita bukanlah hanya sebagai ciri khas suatu daerah, melainkan di dalamnya juga terdapat segudang filosofi yang dapat membantu tumbuh kembang anak, salah satunya yaitu membantu mencapai berat badan ideal dan menjalani hidup sehat dengan permainan tradisional.

Permainan yang menurut Faizal dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk diet sehat di antaranya yaitu: Sundamanda, Layangan, Ding Dingan, Candak Dhodhok, Bentengan, Sepak Bola, Setinan, Pembela, Engrang, dan Lompat Karet. Lalekno HP-mu, Ayo Dolan Nang Nobo! Lalekno HP-mu, Ayo Dolan Nang Omah!

 

"Kreativitas Anak Trenggalek Buat Mainan Tradisional Sendiri dari Alam" 

Episode #11: Jum'at, 15 April 2022 pukul 16.00-17.00 WIB

Narasumber: Nurul Hidayah | Moderator: Aghnina Wahdini | saksikan di sini.

 

Gadis yang saat ini sedang tinggal di Surabaya ini mempunyai berbagai pengalaman yang unik yang berasal dari kampung halamannya yaitu Trenggalek. Nurul mempunyai beberapa pengalaman membuat permainan tradisional secara sederhana dari barang-barang yang mudah dijumpai di sekitar rumah. Salah satu barang di rumah yang bisa digunakan adalah lidi, yang biasanya lidi tersebut bisa digunakan untuk bermain Petak Umpet Sodo. Permainan tradisional lainnya yang Nurul biasa mainkan adalah Yoyo, karet gelang, delikan sodo, gatheng, boneka dari kayu. Lalekno HP-mu, Ayo Dolanan Neng Ngomah!

 

"Momen Gembira Saat Bermain di Bulan Ramadan" 

Episode #12: Jum'at, 22 April 2022 pukul 16.00-17.00 WIB

Narasumber: Antiek Widya Ningsih | Moderator: Hafizhah Layyina | saksikan di sini.

 

Mahasiswi asal tanah Sunda ini memiliki pengalaman unik ketika bermain di bulan Ramadan. Menurutnya, waktu bermain saat bulan Ramadan mempunyai waktu yang lebih lama karena saat malam sepulang taraweh anak-anak masih diizinkan untuk bermain. Biasanya permainan yang dimainka yaitu ucing-ucingan, oray-orayan atau ular naga, galah asin atau gobak sodor, bebentengan, dan lain sebagainya. Namun, menurut Antiek terdapat satu permainan yang dilarang dimainkan saat malam hari yaitu petak umpet karena terdapat mitos yang kuat dari tanah sunda mengenai larangan bermain petak umpet di malam hari.

 

"Ngabuburit Sambil Jelajah Permainan Khas Minang" 

Episode #13: Jum'at, 29 April 2022 pukul 16.00-17.00 WIB

Narasumber: Sedranda Syedira | Moderator: Ngesti Dewi Kirana | saksikan di sini.

 

Permainan tradisional yang sering Dira mainkan di antaranya yaitu kuciang-kuciang, congkak, egrang, lore, tangkelek, karet tali, main kartu. Menurut Dira, permainan tradisional mempunyai banyak nilai yang tidak bisa kita dapatkan dari permainan tradisional. Sebagai generasi muda, Dira ingin mengajak anak muda lainnya untuk terus melestarikan permainan tradisional. Lupoan HP-wak, Nah Main di Lua!

 

Ingat, Sobat TGR wajib tonton terus Instagram Live #KisahBermain tiap hari Jumat. Nantikan episode berikut yang tidak kalah seru di Ramadan bulan April! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (SF&AW)

Info Tgr Kisah Bermain Live Instagram Instagram Live Tgr Kepo
Komentari Tulisan