Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Ringkasan #KisahBermain Edisi Bulan Mei

Jum'at, 10 Juni 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 88 Kali

Halo Sobat TGR!

Melanjutkan program #KisahBermain, pada bulan Mei ini ada tiga episode yang tayang di Instagram Live @tgrcampaign. Penasaran dengan cerita-cerita seru yang dialami oleh para narasumber? Simak episodenya berikut ini!

 

"Lestarikan Permainan Tradisional Dengan Bermain Bersama Paguyuban Anak Ponorogo" 

Episode #14: Jum'at, 13 Mei 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Suprayitno Fitra | Moderator: Dian Puspita Dewi | saksikan di sini.

 

Kak Dian, sapaan akrab pelajar SMA asal Ponorogo sekaligus perwakilan Paguyuban Anak Ponorogo. Ia kerap mengadakan kegiatan rutin bersama anak-anak di bawah umur 17 tahun se-Kabupaten Ponorogo yaitu dengan mengajak bermain permainan tradisional di Taman Kota Ponorogo. Permainan tradisional yang disediakan ingkling, dakon, kelereng, bekel, ular tangga, hulahup, lompat tali, dan lain-lain. Kak Dian paling senang mengajak bermain ingkling dan ular tangga yang juga merupakan permainan favorit anak-anak di sana.

Pesan Paguyuban Anak Ponorogo, "Ayo teman-teman dan kita semua mari melestarikan permainan tradisional, yang sebenarnya terdapat banyak manfaatnya. Perkembangan zaman dan teknologi jangan sampai membuat anak-anak sekarang menjadi ketergantungan gadget, sebab banyak sekali permasalahan sosial yang muncul akibat hal itu. Adapun perlunya melestarikan permainan tradisional guna mencegah ketergantungan gadget." Lalekno Hapemu, Ayo Dolanan neng Omah!

 

"Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Tembakau: Ancaman Bagi Lingkungan" 

Episode #15: Jum'at, 20 Mei 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Daniel Jacob & Indah Dian | Moderator: Aghnina Wahdini | saksikan di sini.

 

TGR berkolaborasi dengan FCTC Indonesia dan Kolaborasi Bumi untuk menyukseskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia dengan tema “Tembakau Adalah Ancaman Bagi Bumi Kita”. Kampanye #SatuPuntungSejutaMasalah pun turut digalakkan dengan melakukan aksi memungut puntung rokok yang ada di lingkungan sekitar kita. Tema ini diambil dari makna 'tembakau berbahaya', yang tidak hanya dari puntung rokoknya saja tetapi penanaman pohon tembakau sendiri, hingga perindustrian tembakau menjadi rokok yang menghasilkan limbah yang berbahaya dan beracun.

Puntung rokok termasuk sampah B3 sehingga perlu dikumpulkan dan diolah secara khusus agar aman dibuang di tempat sampah lingkungan kita. Harapan kegiatan ini adalah supaya kita mulai lebih dahulu peduli terhadap lingkungan agar orang lain dapat mengikuti aksi kecil kita. Harapan narasumber, semoga kita bisa membantu sepersekian memungut puntung rokok agar lingkungan kita lebih bersih, karena kita tidak tahu aksi kecil kita akan berdampak seperti apa ke depannya, jadi lakukanlah sekecil apapun selagi kita mampu.

 

"Di Balik Layar Kisah Bermain"

Episode #16: Jum'at, 27 Mei 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Chintya A.R. & Natasya Rinawaty | Moderator: Indah Dian Rochmawati | saksikan di sini.

 

Edisi #KisahBermain di balik layar yang menjelaskan bagaimana tim program TGR merancang kegiatan Live Instagram #KisahBermain di setiap episodenya dengan tema yang selalu berbeda, narasumber yang berbeda, pengalaman bermain permainan tradisional yang berbeda juga, serta konsep mini games yang berbeda pula. Awal mula terbentuk dari ide founder TGR, Kak Nina, kemudian direalisasikan oleh tim program dengan kerja sama dengan tim-tim lainnya di TGR, sehingga terselenggaranya open recruitment relawan Batch #1 pada bulan Februari 2022 dan diusahakan berjalan terus di setiap minggunya.

KisahBermain ini menjadi program menarik yang TGR jalani karena memperdengarkan kisah pengalaman bermain permainan tradisional yang dilakukan para relawan semasa kecil maupun saat dewasa. Harapannya untuk kegiatan ini, semoga dengan meng-keep video live di Instagram TGR dapat mengedukasi dan mermotivasi banyak orang untuk ikut melestarikan permainan tradisional dari daerah manapun.

 

Ingat, Sobat TGR wajib tonton terus Instagram Live #KisahBermain tiap hari Jumat. Nantikan episode berikut yang tidak kalah seru di bulan Juni! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (SF)

Info Tgr Kisah Bermain Live Instagram Instagram Live Tgr Kepo
Komentari Tulisan