Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Ringkasan #KisahBermain Edisi Bulan Juni

Selasa, 19 Juli 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 91 Kali

Halo Sobat TGR!

Program #KisahBermain selama bulan Juni, ada empat episode yang tayang di Instagram Live @tgrcampaign. Penasaran dengan cerita-cerita seru yang dialami oleh para narasumber? Simak episodenya berikut ini!

 

"Lompat Karet: Permainan Tradisional yang Bikin Makin Tinggi" 

Episode #17: Jum'at, 3 Juni 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Lutfia Rahmanissa | Moderator: Fira Rahma Dwi Aryani | saksikan di sini

 

Gadis yang berasal dari Betawi ini mempunyai berbagai pengalaman menarik saat bermain permainan tradisional. Saat duduk di bangku sekolah, gadis yang biasa dipanggil dengan nama Fia ini sering bermain permainan tradisional petak umpet, benteng, dan kasti. Selain itu, ia juga sering bermain lompat karet di rumah bersama dengan teman-teman. Menurut Fia, dengan adanya Live Instagram #KisahBermain, kita menjadi bisa mempromosikan kembali permainan tradisional. Lupakan Gadgetmu, Nyok Main di Luar! Lupakan Gadgetmu, Nyok Main di Rumah!

 

"Mengulik Filosofi Permainan Gasing" 

Episode #18: Jum'at, 10 Juni 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Fenisia Herva Bella Sava Rekha | Moderator: Nurul Hidayah | saksikan di sini.

 

Pemilik nama lengkap Fenisia Herva Bella Sava Rekha ini mempunyai pengalaman saat bermain permainan tradisional jeg-jegan dan sudamanda. Menurutnya, bermain jeg-jegan dan sudamanda, tidak hanya melatih ketangkasan melainkan juga melatih ketepatan dalam berpikir dan menentukan. Selain itu, bermain menjadi salah satu heling terbaik bisa melepas tawa dan argumen. Menurut Herva, permainan tradisional mampu menjadi salah satu cara mengalihkan kefokusan anak-anak daripada permainan game online. Di samping itu, anak juga akan mengenal dan mampu melestarikan permainan tradisional. Lalekno HP-mu, Ayo Dolanan ning Njaba!

 

"Lempar Dakocan Kalahkan Lawanmu!" 

Episode #19: Sabtu, 18 Juni 2022 pukul 16.00-17.00 WIB

Narasumber: Audina Salsabilah Firdausiyah | Moderator: Athi'atul Faizah | saksikan di sini.

 

Gadis yang berasal dari Kota Pempek ini mempunyai banyak pengalaman menyenangkan saat bermain permainan tradisional, terutama saat hari libur sekolah. Berbagai permainan tradisional seperti, kertas wayang, petak umpet, kejar-kejaran, lompat tali dan masih banyak lagi dimainkannya bersama dengan teman-teman. Di daerah Audina sendiri, untuk permainan tradisional asli dari Palembang adalah "Dakocan" namun karena sudah mulai sulit ditemukan Audina dan teman-temannya menggantinya dengan "Tutup Botol".

Audina berharap semoga permainan tradisional dapat diminati kembali oleh anak-anak zaman sekarang, karena selain mengembangkan jiwa sosial sejak kecil, permainan tradisional juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri, keberanian dan juga semangat diri. Lupoke Hape Kau, Payok Maen Keluar!

 

"Turnamen Permainan Tradisional di Masa Kecilku" 

Episode #20: Jum'at, 24 Juni 2022 pukul 19.00-20.00 WIB

Narasumber: Della Monica Stefanni | Moderator: Mellyani Surya | saksikan di sini.

 

Caca, sapaan akrab dari pemilik nama lengkap Della Monica Stefanni, saat SMP tergabung dalam anggota aktif kepramukaan. Ia sering pulang menjelang maghrib karena sudah terbiasa berkumpul di sanggar pramuka untuk sekadar berlatih lomba atau bermain bersama anggota lainnya. Salah satu permainan tradisional yang sering dimainkannya adalah "donal bebek", gobak sodor, dan betengan. Caca bahkan pernah ikut perlombaan permainan tradisional bersama teman-temannya. Menurutnya, pengalaman tersebut sangat seru karena ia tidak pernah membayangkan bermain gobak sodor dengan dilihat oleh penonton yang banyak. Lalekno HP-mu, Yoh Dolan nde Njaba! Lalekno HP-mu, Yoh Dolan nde Omah!

 

Ingat, Sobat TGR wajib tonton terus Instagram Live #KisahBermain tiap hari Jumat. Nantikan episode berikut yang tidak kalah seru di bulan selanjutnya! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (SF)

Kisah Bermain Info Tgr Live Instagram Instagram Live Tgr Kepo
Komentari Tulisan