Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Penutupan Kampanye #BumiBermain 2.0: Farewell & Awarding Relawan

Senin, 25 Juli 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 97 Kali

Bekasi, 24 Juli 2022 - Traditional Games Returns (TGR) Community mengadakan kegiatan daring dalam rangka penutupan kampanye #BumiBermain 2.0. Kampanye tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00-14.30 WIB dengan media Zoom Meeting. Penutupan kampanye juga disiarkan langsung di kanal YouTube TGR Community.

Kak Nina, moderator kegiatan daring, mengawali kegiatan daring dengan menyapa para peserta dan tim TGR yang sudah hadir dalam ruang virtual. Kemudian, ada sambutan dari ketua pelaksana kegiatan #BumiBermain 2.0, Kak Dian dari tim program TGR. Dalam sambutannya, Kak Dian berterima kasih kepada para relawan yang telah bergabung dalam kampanye #BumiBermain tahun ini. Sebanyak 38 orang mendaftar dan berpartisipasi aktif sepanjang penyelenggaraan kampanye. Kak Dian juga menyampaikan bahwa Farewell & Awarding ini menjadi suatu apresiasi yang diberikan oleh panitia atas kesediaan para relawan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

  

(Dokumentasi TGR  Community, 2022) 

 

Usai memberikan sambutan, Kak Nina mengimbau kepada para peserta untuk on cam, supaya dapat saling mengenal satu sama lain dan juga untuk dokumentasi kegiatan. Lalu, Kak Nina mengajak para peserta untuk mengikuti mini games cari warna, yaitu peserta diminta mencari barang di sekitarnya yang berwarna tertentu sesuai yang disebutkan. Setelah seru-seruan, peserta kegiatan menyaksikan video kompilasi kampanya #BumiBermain.

Kak Nina sangat mengapresiasi video yang dibuat oleh para relawan, karena keren-keren dan menginspirasi. Menurutnya, keseruan kampanye permainan tradisional adalah mengajak satu yang ketularan banyak. Harapannya, para relawan tetap semangat dalam menyebarkan permainan tradisional. Lanjut ke sesi berikutnya adalah testimoni behind the scene atau proses kreatif para relawan dalam membuat video tugas. Kemudian, Kak Dian mengajak seru-seruan kembali dengan main game Quizziz.

   

(Dokumentasi TGR  Community, 2022)

 

Lanjut ke sesi inti, peserta kegiatan menonton video kompilasi hak anak, persembahan dari Misska dan teman-teman TGR Collaborator. Beberapa peserta kegiatan pun juga kembali diminta komentar dan testimoni tugas relawan #BumiBermain. Puncaknya ialah sesi awarding kepada relawan teraktif, video terbaik, dan video terkreatif. Menjelang akhir kegiatan, peserta diimbau untuk berpartisipasi dalam sesi menti meter, yaitu evaluasi penyelenggaraaan kampanye #BumiBermain dan hal-hal yang didapatkan para relawan setelah mengikuti kampanye ini.

Kegiatan ditutup dengan para relawan memberikan satu kata untuk #BumiBermain 2.0. Kak Nina juga berpesan kepada relawan bahwa melestarikan permainan tradisional adalah suatu bentuk tanggung jawab sosial, sekaligus memberikan pemahaman kepada orang-orang di sekitar bahwa alternatif bermain tidak hanya dengan menggunakan gawai/gadget, namun juga ada aktivitas fisik sederhana yang menyehatkan. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (SF)

Tgr Event Bumi Bermain Bumi Bermain 2.0 Farewell Awarding
Komentari Tulisan