Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Mabar Mentari bersama SDI Al-Ashar

Jum'at, 16 September 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 40 Kali

Tangerang, 15 September 2022 - Traditional Games Returns (TGR) Community hadir kembali bersama Mentari Groups, lembaga peneribit buku sekolah dalam kegiatan "Mabar Mentari". Kali ini TGR Goes to School singgah ke SDI Al-Ashar untuk mengedukasi para siswa/i dengan permainan tradisional.

 

     

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

Mula-mula kak Viana dari Mentari Groups mengajak siswa/i kelas 1-6 untuk berbaris di lapangan dan menyebutkan permainan tradisional apa saja yang mereka sukai. Anak-anak serempak menjawab permainan favoritnya masing-masing. Lalu kak Viana menunjukkan beberapa gambar mainan tradisional untuk ditebak, hebatnya para siswa/i menyapu bersih pertanyaan dengan jawaban yang benar. Mereka sudah banyak mengenal permainan tradisional. Usai menjawab tebak gambar, kak Viana mengajak kak Anthes untuk bergembira bermain.

 

        

     

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

Kak Anthes dari TGR langsung menarik perhatian siswa/i dengan mengajak ice breaking bernyanyi sambil menari lagu cublak-cublak suweng. Bergerak, bergaya dan bersenang-senang, itulah yang tergambar saat menyaksikan keseruan mereka berjoget bersama. Lalu, kak Anthes turut mengajak siswa/i mengenal arti hompimpa alaium gambreng yang berarti dari Tuhan, kembali ke Tuhan, mari kita bermain! Makna mendalam dari hompimpa ini lah yang kemudian menjadi pemantik kegiatan dengan berdoa bersama. Usai berdoa, kak Nina dari TGR bergabung untuk memandu membuat lingkaran besar sambil bermain cingciripit. 3 kali babak cingciripit dituntaskan dengan tawa canda riang gembira.

 

     

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

Lalu sesi bebas bermain permainan tradisional pun dimulai, mulai dari congklak, damdas, gasing, egrang batok modifikasi bambu, balap karung, lenggang rotan, ular tangga raksasa dan permainan tradisional tanpa alat juga dimainkan seperti cublak-cublak suweng, ampar-ampar pisang dan ular naga.

 

     

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

Tak terasa hari semakin sore, adik-adik harus segera pulang. Mereka sangat senang dan berharap kakak-kakak TGR bisa kembali hadir ke SDI Al-Ashar. Yuk segera ajak TGR hadir di sekolah/ tempat bermain/ taman baca/ cafe/ hotel atau di mana pun berada untuk mengenalkan permainan tradisional. Caranya mudah, hanya tinggal menyetujui syarat ketentuan dan mengisi formulir ini dengan lengkap. Sampai jumpa Sobat TGR! "Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!" (AW/ed.SF).

Tgr Goes To School Tgrcampaign Permainan Tradisional #mentari
Komentari Tulisan