Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

TGR Jalan-jalan dan Mabar Mentari di SD Islam El-Fash

Jum'at, 16 September 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 30 Kali

Tangerang Selatan, 15 September 2022 - Traditional Games Returns (TGR) Community berkunjung ke Sekolah Dasar Islam El-Fash untuk bermain bersama. Beraneka ragam permainan tradisional dihadirkan untuk menghibur para siswa-siswi di sekolah. Lebih dari 40 anak ikut serta dalam kegiatan "Mabar Mentari" yang dimulai pukul 08.30-11.00 WIB. Kegiatan kali ini merupakan kolaborasi bersama Mentari Groups, sebuah lembaga penerbit buku sekolah.

   

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Mula-mula, Kak Tyas dari Mentari Groups mengajak para siswa menebak aneka gambar permainan tradisional. Rupanya mereka mengetahui beberapa permainan seperti congklak, bekel dan kelereng, namun ada juga yang belum familiar seperti egrang dan rangku alu. Suasana dipecahkan dengan tawa riang gembira karena saling berebut menjawab pertanyaan yang diberikan.

Dilanjut oleh Kak Nina dari TGR mengajak peserta kegiatan mengenal permainan cingciripit dari Jawa Barat sambil berlatih konsentrasi. Setelah itu, mereka berkumpul menjadi lima kelompok yang masing-masing berisikan 7-10 orang. Dipandu oleh kak Salsha, setiap kelompok mulai bermain di tiap pos yang didampingi oleh fasilitator.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Pos pertama adalah keprayan dan lenggang rotan, pos kedua adalah gasing, pos ketiga adalah congklak, pos keempat adalah engklek dan ular tangga serta pos kelima adalah egrang batok modifikasi bambu dan bakiak. Setiap 10 menit sekali, kelompok harus berpindah ke pos selanjutnya agar seluruhnya merasakan semua permainan. Pada saat jeda perpindahan pos ketiga, para guru SDI El-Fash sudah menyiapkan kudapan ringan berupa jajanan pasar khas Indonesia. Para siswa/i sangat antusias untuk menyicipi jajanan seperti lemper, klepon, wingko, bolu, dadar gulung, sosis solo dan lainnya. Permainan dilanjutkan usai menyantap kudapan sedap nusantara itu.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Permainan berlangsung hingga pukul 11.00 WIB. Menurut Ical, salah satu peserta bermain kelas 3 SD, permainan tradisional sangat seru dan melatih ketangkasan, permainan favoritnya adalah keprayan. Berbeda dengan Puja kelas 4 SD yang menyukai permainan engklek karena fasilitator bermainnya kak Sabrina sangat seru mengajarkannya. 

Itulah rekap keseruan TGR Goes to School edisi SDI El-Fash, Tangerang Selatan. Sobat TGR bisa juga lho mengajak TGR untuk bermain bersama dengan kami melalui DM Instagram @tgrcampaign. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (AW/ed. SF)

Tgr Jalan-jalan Sdi El-fash
Komentari Tulisan