Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Permainan Lojo (Pajelo) dalam Pembentukan Karakter Kerja Keras Anak

Sabtu, 17 Desember 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 572 Kali

Halo Sobat TGR!

Pernahkah kalian mendengar tentang permainan tradisional Lojo atau Pajelo? Nah, bagi Sobat TGR yang masih asing dengan permainan Lojo, simak penjelasan berikut ya!

Permainan Lojo merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang terkenal di Provinsi Sulawesi Tenggara. Permainan ini biasanya menggunakan alat dari tempurung kelapa yang sudah dilubangi. Permainan Lojo bersifat universal, artinya dapat dimainkan oleh anak laki-laki dan anak perempuan, serta dapat dimainkan sendiri maupun bersama-sama. Uniknya, para pemain Lojo memiliki sebutan khusus yaitu Pebudo.

 

(Dokumentasi Yulianti, 2020)

 

Cara Membuat Alat untuk Permainan Lojo 

Pembuatan alat untuk permainan Lojo ini mudah sekali, lho. Alat dan bahan yang diperlukan sangat sederhana dan mudah ditemukan di sekitar kita. Permainan Lojo hanya membutuhkan batok kelapa yang sudah tua. Batok kelapa tersebut kemudian dibelah menjadi dua bagian. Setelah itu, pada bagian tengah batok kelapa tersebut diberi lubang yang nantinya akan dikaitkan pada seutas tali dan dihubungkan dengan batok yang lain.

Kita harus memastikan bahwa tali yang dipakai adalah tali yang memiliki sifat lentur sehingga mudah untuk digunakan ketika bermain dan tidak melukai, ya! Jangan lupa untuk meminta bantuan kepada orang yang lebih tua jika kamu merasa kesulitan dalam membuat Lojo ini.

 

Setelah alatnya sudah siap, bagaimana sih cara memainkannya?

Permainan Lojo dapat dimainkan sendiri atau secara bersama-sama. Jika sobat TGR ingin bermain bersama teman-teman yang lain, maka yang pertama harus dilakukan adalah membuat garis start dan garis finish. Permainan Lojo juga biasanya dimainkan dengan menggunakan rintangan, lho. Jadi, lintasan permainan yang tadi sudah disiapkan itu diberi rintangan berupa tali yang melintang. Peserta akan dianggap gagal apabila ketika berjalan menggunakan Lojo, mereka menyentuh tali rintangan tersebut.

Setelah lintasan siap, para peserta harus bersiap di garis start. Kedua kaki diletakkan pada masing-masing batok kelapa. Caranya, ibu jari dan telunjuk pada jari kaki menjepit tali dan tangan memegang serta menarik tali untuk menjaga keseimbangan. Kemudian setelah itu, peserta berjalan diatas batok kelapa tersebut dan yang pertama kali mencapai garis finish, itulah yang dinyatakan sebagai pemenang.

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Walaupun cara memainkan permainan Lojo ini sederhana, tetapi permainan ini membutuhkan keseimbangan tubuh dan kekompakan antara gerak tangan dan kaki untuk bisa berjalan di atas batok kelapa dengan sempurna. Permainan Lojo memiliki banyak manfaat, lho. Terutama pada pembentukan karakter anak. Salah satunya adalah pembentukan karakter pekerja keras.

Menurut Hayoto dalam Yulianti (2020), kerja keras adalah berusaha dengan gigih atau sunguh-sungguh untuk mencapai kesuksesan dan tidak mengenal putus asa. Pembentukan karakter kerja keras pada anak dapat dilakukan melalui permainan Lojo, hal tersebut dapat kita lihat ketika peserta bermain dan berjalan melewati rintangan yang telah dibuat, para peserta perlu bekerja keras agar dapat melewati rintangan dalam permainan tersebut. Pada tahap selanjutnya, peserta bekerja keras agar dapat menjalankan Lojo tersebut sampai garis finish dan berusaha untuk menjadi yang tercepat di antara peserta lain. 

 

Nah, sekarang sobat TGR sudah mengetahui kan bahwa ternyata permainan Lojo ini dapat membantu anak dalam membentuk/mengembangkan karakter kerja kerasnya dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan dunia mereka, serta sangat berguna untuk masa depan anak itu sendiri. Oleh karena itu, jangan berhenti untuk memperkenalkan permainan tradisional Lojo ini, ya! Selain seru dan menyenangkan, permainan ini memiliki banyak manfaat lain yang dapat dipelajari. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (SAL/ed.RK)

 

 

Referensi:

Yulianti, N., dan Fuadah, A. Z. (2020). Permainan Tradisional Lojo (Pajelo) dari Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pembentukan Karakter Kerja Keras pada Peserta Didik SD/MI di Indonesia, MAGISTRA, 2(11): 130-147.

Permainan Lojo Permainan Tradisional
Komentari Tulisan