Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Menambah Wawasan Permainan Tradisional di Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2

Kamis, 05 Januari 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 361 Kali

Jakarta Selatan, 3 Januari 2023 - TGR Community mendapat kesempatan berbagi materi kebudayaan Nusantara pada kegiatan "Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2" yang berlokasi di Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta Selatan. Program tersebut adalah agenda rutin yang merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Berlokasi di Fakultas Ilmu Komunikasi lantai 4 Universitas Al-Azhar Indonesia, sebanyak 17 orang mahasiswa yang hadir berasal dari berbagai latar belakang, bidang studi dan kampus-kampus di Indonesia. Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan pembukaan oleh Dosen Modul Nusantara Bapak Yoedo Shambodo. Sesi berikutnya adalah perkenalan seluruh peserta kegiatan dan juga dari TGR Community.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Aghnina Wahdini atau Nina selaku Executive Director sekaligus Founder TGR Community memberikan beberapa materi tentang TGR, kegiatan komunitas dan topik utama yaitu permainan tradisional dan upaya pelestariannya. Nina turut memaparkan definisi permainan tradisional, esensi hak bermain anak, jenis-jenis dan manfaat bermain permainan tradisional, serta materi-materi yang menarik untuk disimak. Seluruh peserta nampak antusias dan memperhatikan presentasi dengan seksama.

Memasuki sesi utama dari kegiatan sore itu adalah bermain permainan tradisional. Seluruh peserta merasa tidak sabar dengan beberapa permainan tradisional yang disediakan oleh tim TGR yang hadir. Ada gasing, congklak, balogo, damdas, dan tidak ketinggalan Surakarta board game. Keseruan dan keceriaan bermain tampak menambah hingar bingar jalannya kegiatan sore itu.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Tidak terasa, kegiatan harus diakhiri pada pukul 17.00. Kegiatan diakhiri dengan penyampaian kesan dan pesan dari seluruh peserta dan berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Sobat TGR juga bisa mengajak kami bermain bersama dengan mengisi formulir iniLupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (SF)

Tgr Goes To School Universitas Al-azhar
Komentari Tulisan