Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Alat Peraga Permainan Tradisional di Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Sabtu, 24 Juni 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 811 Kali

Halo Sobat TGR!

Beberapa waktu lalu kita sudah membahas tentang permainan tradisional tanpa benda di Museum Sonobudoyo. Bagi Sobat yang belum sempat membaca, bisa klik link ini ya.

Kali ini kita akan bahas permainan tradisional lainnya yang dipamerkan di Museum Sonobudoyo. Museum ini mempunyai beberapa koleksi mainan tradisional yang merupakan hasil dari kebudayaan Jawa. Apa aja sih koleksinya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

 

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

1. Senapan

Permainan senapan di Indonesia ada beberapa jenis, ada yang terbuat dari bambu maupun kayu. Senapan yang dipamerkan di museum ini ialah senapan kayu. Cara bermainnya menggunakan peluru karet untuk mengenai target.

 

2. Othok-othok

Permainan ini biasanya dibuat dari bambu. Nama permainan ini diambil dari suaranya yang khas, yaitu "othok othok othok othok".

 

3. Othong-othong

Othong-othong adalah permainan berupa drum kecil yang mempunyai dua tangan bertali. Ketika tali diputar berbunyi “othong othong othong othong”. Bunyi itulah yang menjadi nama permainan ini.

 

4. Yoyo

Yoyo adalah permainan dengan bentuk bulat pipih. Mainan ini terdiri dari poros tali senar yang terhubung antara dua cakram. Awalnya teknik yang digunakan untuk memainkan yoyo hanya ke atas dan bawah. Seiring berjalannya waktu, banyak teknik untuk memainkannya. Saat ini, bahkan diadakan turnamen internasional untuk yoyo.

 

5. Kapal Othok-othok

Ini merupakan mainan yang berbentuk kapal. Dinamakan “Kapal Othok-othok” dikarenakan ketika kapal ini bergerak akan berbunyi “othok othok othok othok”.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

6. Plintheng

Mainan ini umumnya dikenal sebagai ketapel. Alat ini terbuat dari kayu yang berbentuk huruf Y dengan tali lentur sebagai tempat untuk melempar peluru. Sebenarnya selain merupakan alat peraga mainan, plintheng ini juga bisa menjadi senjata, tergantung dari jenis peluru yang digunakan.

 

7. Bola kasti dan Pemukul

Permainan ini termasuk permainan yang mendunia, bahkan masuk sebagai salah satu cabang olahraga bola kecil, permainan ini umumnya dimainkan beregu.

 

8. Suling

Suling adalah salah satu permainan yang juga merupakan alat musik. Suling terbuat dari bambu. Cara memainkannya dengan ditiup dan menutup serta membuka beberapa lubang hingga menimbulkan suara.

 

9. Peluit/Sempritan bambu

Hampir mirip seperti seruling akan tetapi nada yang dihasilkan tidak sevariatif seruling. Peluit ini juga terbuat dari bamboo dan menghasilkan nada yang khas.

 

10. Kodok-kodokan

Permainan ini cara menggunakannya seperti peluit, yaitu ditiup. Hanya saja, bentuknya dibuat seperti kodok.

 

Dari beberapa permainan yang sudah disebutkan di atas, mana yang belum Sobat TGR coba? Yuk, coba mainkan bersama-sama temanmu. Lupakan gadgetmu, Ayo Main Di Luar! (MCH/ed.NIU)

 

Referensi:

museum. 2022. Permainan tradisional di museum negeri sonobudoyo. Diakses dari https://budaya.jogjaprov.go.id/berita/detail/1237-permainan-tradisional-di-museum-negeri-sonobudoyo.

Roro. 2019. Plintheng. Diakses dari https://budaya-indonesia.org/Plintheng.

 

#permainantradisional
Komentari Tulisan