Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Belajar dan Bermain Permainan Tradisional Bersama Santri Yayasan Seia Sekata Jatinegara

Senin, 07 Agustus 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 364 Kali

Jakarta, 5 Agustus 2023- Halo Sobat TGR! Sabtu kemarin Tim TGR bersama Voluntrip Kitabisa baru saja mengadakan kegiatan yang seru dan asik banget loh. Kegiatan tersebut berlangsung di Yayasan Seia Sekata Jatinegara, Jakarta Timur.

Pukul 09.00 WIB kakak-kakak relawan dari Kitabisa berkumpul bersama Tim TGR dan para santri untuk saling berkenalan.

Setelah mengenal satu sama lain, setiap orang yang hadir pada hari itu diminta saling berpasang-pasangan untuk bermain permainan ampar-ampar pisang. Setelah selesai bermain ampar-ampar pisang, lingkaran besar pun dibentuk untuk kembali melanjutkan bermain permainan cingciripit.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Adik-adik santri yang berjumlah 25 orang membentuk kelompok yang masing-masing beranggotakan 4 orang. Kemudian setiap kelompok tersebut berkumpul bersama kakak penanggung jawabnya masing-masing dan untuk menambah ramai suasana pada hari itu, yel-yel pun dibuat oleh setiap kelompok.

Adik-adik lalu diminta untuk mewarnai layang-layang sebelum kembali melanjutkan kuis yang berisi pertanyaan terkait permainan tradisional, materi tentang asmaul husna serta bacaan surat pendek dengan total 10 pertanyaan. Tentunya, terdapat hadiah bagi adik-adik yang berhasil menjawab pertanyaan kuis dengan cepat dan benar. Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan berupa  satu set permainan tradisional dari Tim TGR kepada pihak Yayasan Seia Sekata dan sesi foto bersama.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Keseruan pada hari itu pun tidak berhenti sampai di sana loh Sobat TGR. Permainan kembali berlanjut di lapangan terbuka. Masing-masing kelompok berjalan menuju pos sesuai dengan nomor kelompok mereka. Nah, terdapat 6 pos dengan masing-masing permainan tradisional yang nantinya dapat dimainkan oleh para santri dengan durasi waktu 5 menit di setiap posnya. Pos 1 diisi dengan dampu bulan dan jejak, pos 2 diisi dengan congklak, pos 3 diisi dengan gasing bambu, pos 4 diisi dengan ular tangga, pos 5 diisi dengan lompat karet, dan pos 6 diisi dengan keprayan. 

Setelah semua kelompok mengunjungi keenam pos yang tersedia, acara kemudian dilanjutkan dengan permainan tarik tambang yang tidak hanya diikuti oleh para santri saja melainkan juga diikuti oleh kakak-kakak relawan yang hadir pada hari itu.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

Kak Sarah selaku bagian dari Voluntrip Kitabisa.com menyampaikan pesan terkait kegiatan pada hari itu yang menurutnya sangat menyenangkan. Kak Sarah juga menyampaikan bahwa kegiatan di Yayasan Seia Sekata merupakan pengalaman baru baginya dan jika ada kesempatan di lain waktu, Kak Sarah ingin kembali mengikuti kegiatan kerelawanan lagi. Tidak hanya itu, Kak Sarah juga menyampaikan pesan kepada adik-adik untuk terus semangat kedepannya, terutama semangat untuk menggapai cita-cita.

Nanda, salah satu santri kelas 3 sekolah dasar dari kelompok 4 juga turut menyampaikan pesan bahwa menurutnya acara yang berlangsung pada hari itu sangat seru. Kakak-kakak yang hadir untuk menemaninya bermain juga seru-seru. Walaupun cuaca pada hari itu cukup panas, menurut Nanda capeknya jadi tidak begitu terasa saking serunya bermain bersama. Nanda sendiri sangat menyukai permainan dampu bulan. Nanda juga bercerita bahwa ia berhasil level merdeka ketika memainkan permainan lompat karet. Wah, keren!

Suasana riang gembira kerap menghiasi Yayasan Seia Sekata pada hari itu, acara pun diakhiri dengan berkumpulnya anak-anak di aula untuk memulai pembagian snack dan makanan berat. Setelah itu Tim TGR dan kakak-kakak dari Voluntrip Kitabisa mengadakan evaluasi bersama.

Wah, seru banget ya Sobat TGR! Jangan lupa untuk selalu cek akun media sosial TGR Community agar kamu gak ketinggalan kegiatan lainnya ya. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (PAZ/ed.RK)

Komentari Tulisan