Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Bersukaria Merayakan Celebration Independence Day di TK ACS Jakarta

Senin, 21 Agustus 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 194 Kali

Jakarta, 20 Agustus 2023 - Masih dalam semarak perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, TGR Community bersama TK ACS menyelenggarakan kegiatan Celebration Independence Day. Kegiatan tersebut berlangsung di Komplek Sekolah ACS Jakarta, Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur. Tim TGR yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak enam orang fasilitator, sementara peserta kegiatannya adalah anak-anak Playhouse ACS yang berjumlah 30 anak beserta guru pendamping dan orang tua.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Kegiatan dimulai pada jam 09.00 WIB dan diawali dengan bermain permainan tradisional. Seluruh anak-anak peserta kegiatan yang hadir mengenakan aneka baju adat beberapa daerah di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Sunda, Jawa, dan Bali. Anak-anak peserta kegiatan didampingi oleh tim fasilitator bermain TGR dan dibagi menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdapat 5-8 orang anak. Permainannya terdiri dari beberapa pos, di antaranya ada pos ular tangga raksasa, tapak jejak, dampu bulan, lompat tali, dan gasing.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Setiap kelompok diberi waktu sekitar 10 menit untuk mencoba seluruh permainan di tiap pos. Selain pos permainan, TGR juga menyediakan stan yang menjajakan beragam permainan tradisional. Beberapa anak dan orang tua tertarik untuk membeli beberapa mainan tersebut. Permainan yang paling diminati yaitu bola bekel dan gasing.

Semua anak-anak yang hadir bergembira dengan berbagai mainan dan permainan tradisional yang disediakan oleh tim TGR. Orang tua yang mendampingi buah hatinya bermain pun ikut senang, sebab anak-anak dapat beraktivitas fisik, bersosialisasi, sekaligus menambah wawasan kebudayaan Indonesia. Salah seorang guru pendamping menyampaikan pesan dan kesan kepada TGR agar tetap mengadakan dan melestarikan permainan tradisional, sebagai sarana edukatif kepada generasi muda.

 

  

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Pada penghujung acara, anak-anak menyaksikan pertunjukan pentas seni tari-tarian dari teman-teman mereka dan guru-guru pendamping. Kegiatan ditutup sekitar pukul 11.30 WIB dengan sesi foto bersama. Tim TGR Community pun membereskan permainan-permainan di tiap pos dan kembali ke sekretariat. Sobat TGR juga dapat berkolaborasi dengan kegiatan kami, cukup dengan isi formulir iniLupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (SF)

Tk Acs Jakarta Tgr Jalan-jalan
Komentari Tulisan