Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Bermain sambil Belajar bersama Adik-adik di RPTRA Segas

Selasa, 31 Oktober 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 133 Kali

Halo Sobat TGR… Ada yang penasaran tidak kita minggu lalu seru-seruan di mana lagi? Hari Minggu, 29 Oktober 2023, tim TGR bersama Voluntrip Kitabisa mengadakan kegiatan bermain sambil belajar bersama adik-adik di RPTRA Segar Berseri (Segas). Acara dimulai dari pukul 13.00 WIB dengan dihadiri sebanyak kurang lebih 50 (lima puluh) orang anak yang tinggal di sekitaran RPTRA tersebut.

Semua adik yang hadir berkumpul di aula RPTRA untuk mendengarkan pembukaan acara. Selesai pembukaan, acara dilanjut dengan ice breaking dan pembagian kelompok menjadi 8 (delapan) kelompok untuk selanjutnya digunakan saat melakukan permainan tradisional dan workshop. Tak ketinggalan juga nih, tiap kelompok diminta untuk membuat yel-yel untuk ditampilkan di depan teman-temannya yang lain.

   (Dokumentasi TGR Community, 2023)

Acara berlanjut dengan pemberian materi tentang sampah yang disampaikan oleh Kak Ica dari Lentera Anak. Materi yang disampaikan Kak Ica sangatlah menarik, apalagi selama penyampaian materinya diselingi dengan nyanyian dan kuis. Nah Sobat, agar materi yang disampaikan Kak Ica terus melekat di memori adik-adik, mereka selanjutnya melakukan workshop pembuatan telepon kaleng. Dalam pelaksanaannya, adik-adik yang sudah berkumpul dalam satu kelompok ditemani oleh kakak-kakak Voluntrip agar bisa dibantu selama kegiatan workshop berlangsung.

      (Dokumentasi TGR Community, 2023)

Setelah kegiatan workshop selesai, acara dilanjut dengan kegiatan bermain permainan tradisional. Tiap kelompok diberikan waktu selama 7 (tujuh) menit untuk bermain di tiap-tiap pos. Pos permainan yang ada saat acara kemarin terdiri dari lompat karet, dampu bulan, ular tangga raksasa, congklak, gasing bambu, permainan jejak, damdas, dan satu permainan edukasi tentang sampah. Ketika semua kelompok sudah selesai bermain, mereka berkumpul kembali ke aula untuk melakukan penutupan. Acara ditutup dengan pemberian donasi permainan tradisional, berfoto bersama, serta berbagi snack, nasi kotak, dan satu set tempat makan.

   (Dokumentasi TGR Community, 2023)

Bu Ety, selaku Pengelola RPTRA Segas, menyampaikan kesan dan pesan selama acara kemarin. Beliau berkata “Kegiatan hari ini berjalan dengan sukses mengajak anak-anak bermain permainan tradisional dan anak-anak merasa senang. Sampai mereka bertanya kapan main lagi dan mengajak untuk bermain lagi. Pokoknya sukses banget buat TGR dan Voluntrip, jangan kapok untuk melaksanakan kegiatan lagi di RPTRA Segas Segar Berseri. Top banget! Terima kasih kepada TGR dan Voluntrip, ditunggu kegiatan selanjutnya di RPTRA Segas (Segar Berseri)”

Nah, kira-kira begitu keseruan yang terjadi di acara kemarin. Siapa nih yang nunggu keseruan lain lagi dari tim TGR bareng anak-anak? Tunggu keseruan berikutnya ya Sobat TGR. Lupakan Gadget-mu, Ayo Main di Luar! (ACN)

Untuk Sobat TGR di luar sana yang ingin berkolaborasi dengan kami, boleh banget nih mulai dari menjadi pengisi acara, tenant, hingga narasumber. Cukup klik tautan di sini ya Sobat.

Komentari Tulisan