Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Mix and Match Parenting Zaman Dulu dan Sekarang

Kamis, 18 Januari 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 216 Kali

Halo, Sobat TGR!

Siapa yang suka menonton TikTok atau YouTube? Apakah Sobat juga mengikuti isu-isu terkini di Tanah Air? Sosial media memiliki dampak besar terhadap banyak hal, seperti  mudahnya akses informasi. Salah satu dampak dari mudahnya akses informasi, dalam hal pola mengasuh anak, memiliki perubahan besar. Perbedaan dalam pendekatan mengasuh anak ini semakin jelas seiring dengan tren TikTok atau viralnya beberapa selebgram dan artis yang menunjukkan gaya parenting mereka. Yuk simak apa saja perbedaannya!

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Parenting zaman dulu masih terbatas teknologi dan kurang edukasi dari ahli, sehingga cara mengasuh berpedoman pada ajaran orang tua terdahulu atau kebiasaaan dan adat. Orang tua zaman dulu memberi batasan yang ketat terhadap anak. Sedangkan parenting zaman sekarang, orang tua terlebih dahulu bertanya pada dokter, membaca artikel atau jurnal sebelum menerapkan kepada anak. Sehingga parenting yang diterapkan merupakan hasil studi dari ahli.

Lalu apa sih dampaknya? Sebenarnya, parenting adalah pilihan tiap orang tua dalam memilih pola yang sesuai. Dengan adanya kemajuan teknologi, seharusnya kita bisa memanfaatkan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Contohnya, parenting zaman dahulu, bayi pada usia kurang 6 bulan sudah diberi makanan selain ASI seperti pisang atau sayur yang dilembutkan. Padahal, jika kita telaah hal itu bisa menjadi tindakan yang kurang tepat bagi si bayi dan dapat menyebabkan dampak buruk yang fatal.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Meskipun begitu, masih ada pro kontra antara parenting zaman dulu dibandingkan sekarang. Terkadang, orang tua zaman dulu merasa bahwa parenting yang diterapkan ibu-ibu muda sekarang terlalu bebas dan tidak pas. Padahal, jika kita bijak kita bisa menyeimbangkan kedua cara parenting sehingga menjadi kombinasi yang terbaik. Tentunya tidak lepas dari dukungan keluarga.

Sobat TGR, meskipun gaya parenting adalah pilihan masing-masing orang tua, alangkah lebih baik jika kita sebagai orang tua atau calon orang tua mencari tahu dulu tentang metode atau pola asuh anak yang sesuai. Oleh karena itu, kebijakan dalam penggunaan sosial media sebagai tempat mendapat informasi harus kita manfatkan dengan baik demi mencapai generasi cemerlang dan berwawasan. Yuk bijak bersosial media! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (TU/ed.HRV)

 

Referensi:

_____. (tanpa tahun). Gaya Parenting Zaman Dulu yang Sebaiknya Nggak Kita Tiru. Diakses pada 8 Januari 2024, dari https://parentalk.id/5-gaya-parenting-jaman-dulu/.

Desria. (2023). 6 Perbedaan Parenting Dulu dan Sekarang, Jaga Tradisi di Era Modern. Diakses pada 22 Januari 2024, dari https://www.idntimes.com/life/family/zfz-1685331995-jel/parenting-dulu-dan-sekarang-c1c2.

Liany, Laurentia. (2021). Parenting Zaman Now Vs Zaman Old. Diakses pada 7 Januari 2024, dari https://www.kompasiana.com/laurentialiany/60599ef68ede4877ea1983f7/parenting-zaman-now-vs-zaman-old.

Ris. (2023). Perbedaan Gaya Parenting Zaman Dulu Vs Sekarang. Diakses pada 11 Januari 2024, dari https://www.educenter.id/perbedaan-gaya-parenting-zaman-dulu-vs-sekarang/.

 

Tgr Parenting Pola Didik Pola Asuh Anak
Komentari Tulisan