Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Yuk, Intip Keseruan Kegiatan TGR x Voluntrip Kitabisa di RPTRA Cempaka!

Selasa, 05 Maret 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 118 Kali

Jakarta, 3 Maret 2024 – Hari Minggu merupakan hari yang biasanya identik untuk beristirahat dari segala kesibukan. Namun, dengan penuh antusias dan semangat tim TGR bersama Voluntrip KitaBisa mengadakan sebuah kegiatan yang seru lho! Bertajuk “Bermain dan Menyelesaikan Teka-Teki bersama Adik-Adik Binaan”, kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cempaka, Jakarta Barat, pada pukul 09.00-13.00 WIB. Kegiatan dihadiri sebanyak 50 adik-adik RPTRA Cempaka dan 20 orang pendamping dari tim TGR dan Voluntrip Kitabisa. Mau tahu bagaimana serunya kegiatan kami? Stay tuned ya!

  

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Kegiatan dimulai dengan sesi perkenalan dan ice breaking. Pada sesi ice breaking ini, tim TGR dan tim Voluntrip KitaBisa bermain bersama adik-adik permainan tradisional tanpa alat seperti cingciripit, ampar-ampar pisang, cublak-cublak suweng, dan tebak-tebakan anak. Permainan-permainan ini dipilih untuk mencairkan suasana dan melatih ketangkasan maupun kemampuan kognitif pada anak. Adik-adik dari RPTRA Cempaka terlihat bersemangat walaupun belum masuk ke permainan inti. Sesi ice breaking yang dipenuhi dengan keceriaan ini berjalan lancar.

Kemudian, masuk ke kegiatan puncak diawali dengan pembagian kelompok yang terdiri dari enam orang peserta dan tiga orang kakak pembina. Setiap kelompok yang telah terbentuk akan bermain di pos permainan yang telah tersedia seperti beberapa permainan teka-teki dan permainan tradisional dan pada setiap pos diberi waktu untuk bermain selama lima belas menit.

Permainan-permaian tersebut adalah teka-teki silang (TTS), permainan eatbulaga, telepathy challenge, estafet sarung, egrang batok, permanan jejak, keprayan, tebak makanan, ular tangga, lompat karet, estafet bola, dan estafet alas. Banyaknya permainan ini tentunya dapat memberikan kesenangan dan pembelajaran bagi adik-adik binaan RPTRA Cempaka.

   

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Adik-adik RPTRA Cempaka terlihat begitu antusias pada saat bermain permainan-permainan ini, terutama pada permainan ular tangga karena gambarnya yang menarik. Kombinasi dari permainan teka-teki dan permainan tradisional sukses mengukir kebahagiaan dan keceriaan adik-adik RPTRA Cempaka. Terlebih lagi permainan teka-teki dapat meningkatkan ketangkasan, kreativitas, dan kecerdasan secara kognitif maupun motorik bagi adik-adik. Selain itu tentu saja mereka dapat lebih mengenal dan mencintai permainan tradisional.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 

Tidak hanya itu, setiap kelompok yang telah terbentuk, selain menjadi kelompok bermain, mereka juga menampilkan yel-yel terbaik mereka. Dengan membuat yel-yel, setiap kelompok dapat saling mengenal dan melatih kerja sama. Penampilan yel-yel ini menandai bahwa sudah di penghujung acara, lalu kegiatan ditutup dengan pembagian konsumsi, alat tulis, dan penyaluran donasi kepada RPTRA Cempaka serta sesi foto bersama.

Suasana hangat yang riang gembira terus menyelimuti selama kegiatan ini berlangsung. Bahkan adik-adik RPTRA Cempaka meminta agar tim TGR dan tim Voluntrip KitaBisa dapat datang kembali. Kebahagiaan adik-adik yang terpancar ini dapat menjadi core memory bagi semua pihak yang terlibat. Bahkan ternyata ada lho seorang atlet badminton yang mengikuti event ini dari tim Voluntrip KitaBisa, keren kan?

Seorang atlet saja turut berpartisipasi dalam pelestarian permainan tradisional sembari berbagi kebahagian kepada adik-adik RPTRA Cempaka. Kalian juga bisa kok! Yuk kita selalu gaungkan permainan tradisional agar terus dikenal dan tidak tergerus oleh zaman. Sampai jumpa di keseruan berikutnya, dan jangan lupa untuk Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (DA/ed.HRV)

Tgr Event Voluntrip Rptra Cempaka
Komentari Tulisan