Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Aneka Ragam Mainan Tradisional di Pasar Seni Malaysia

Sabtu, 30 Maret 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 46 Kali

Halo sobat TGR! Kalau dengar kata Malaysia pasti yang pertama kali dipikirkan ialah animasi karakter Upin dan Ipin. Nah, seperti yang kita ketahui, dibeberapa episode dari animasi tersebut biasanya kita mengjumpai Upin Ipin dan kawan-kawan memainkan permainan tradisional bukan? tapi sobat TGR tahu ga nih kalau ternyata kita juga bisa menemukan mainan tradisional tersebut dengan mudah walau pun di era modern seperti saat ini. Kita bisa berkunjung ke Pasar Seni atau Central Market yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia.

(Dokumentasi Pribadi, 2023)

 

Pasar Seni atau Central Market Malaysia (Kuala Lumpur City Centre, 50050 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia) ini merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh turis, di pasar ini banyak menyediakan oleh-oleh baik kuliner khas Malaysia, pakaian, dan souvenir yang umumnya merupakan kerajinan tradisional. Uniknya lagi, di sini kita dapat menjumpai banyak kios yang menjual souvenir berupa mainan tradisional Malaysia. Beberapa di antaranya dapat kita jumpai juga di Indonesia seperti bola pantul, takraw, dakon atau congkak, layangan (dalam Bahasa Malaysia disebut Wau), Kelereng (dalam Bahasa Malaysia disebut Guli), Kendama dan Gasing.

(Dokumentasi Pribadi, 2023)

 

Ada beberapa mainan tradisional Malaysia yang mungkin jarang kita ketahui, salah satunya ialah Batu Seremban yang cara mainnya hampir mirip dengan permainan bekel, hanya saja tidak ada bola yang digunakan, melainkan hanya menggunakan beberapa batu.

(Dokumentasi Pribadi, 2023)

 

Selain itu, ada juga mainan tradisional yang berupa alat musik seperti marakas, othong-othong (permainan yang digoyang dan menghasilkan bunyi) dengan berbagai bentuk, suling, othok-othok (kapal) dan kodokan. 

(Dokumentasi Pribadi, 2023)

 

Nah, itu dia beberapa souvenir berupa mainan tradisional yang dijual di Pasar Seni Malaysia, sangat menarik ya. Kita bisa menemukan banyak jenis dan macam mainan tradisional dengan mudah dalam satu tempat. Wah,boleh nih sobat TGR yang sedang berlibur ke Malaysia menyempatkan diri juga ke Pasar Seni Malaysia, hitung-hitung sembari liburan juga belajar mengenal permainan tradisional dari negara tetangga. Asyik bukan? Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (MCH/ed.QE & AW)

Permainan Tradisional Malaysia Wisata Malaysia Pasar Seni Pasar Seni Malaysia
Komentari Tulisan