Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Yuk Ikuti Keseruan Voluntrip Kitabisa x TGR dalam Melestarikan Wayang di Panti Asuhan Griya Asih

Senin, 20 Mei 2024 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 266 Kali

Halo Sobat TGR! 

  Main-main lagi yuk, bareng Voluntrip TGR dan Kitabisa.com. Nah, pada kegiatan Voluntrip kali ini Tim TGR berkesempatan untuk mengunjungi salah satu panti asuhan di Jakarta Pusat, yaitu Panti Asuhan Griya Asih pada Minggu, 12 Mei 2024. Seperti biasa, acara kali ini pun hasil kolaborasi Tim TGR bareng Kitabisa.com yang diikuti oleh 47 peserta dari adik-adik panti dan mengajak masyarakat umum untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

 Kali ini tim TGR bersama tim Voluntrip berjumlah 34 orang dengan masing-masing sembilan orang tim TGR dan 25 orang tim Voluntrip. Sejak dimulainya kegiatan pada pukul 14.WIB, antusiasme adik-adik sudah terlihat dengan memberi sambutan yang hangat.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

  Nah, Voluntrip kali ini agak berbeda karena mengambil tema pelestarian budaya yaitu "Wayang" dengan diawali menonton film "Dalang Cilik" dan animasi wayang karya Desa Timun bersama. Selain menonton film, mereka juga mendapatkan workshop pembuatan wayang yang mengundang antusiasme para peserta. Pada sesi ini, para peserta membentuk kelompok yang beranggotakan tujuh-delapan orang dengan tiga-empat orang pendamping.

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 Adik-adik dengan semangat merangkai wayang kreasi dan kemudian membuat dialog drama untuk sesi penampilan. Sesi penampilan berlangsung dengan sangat seru, diwarnai gelak tawa penonton karena skenario lucu yang ditampilkan masing-masing kelompok.

 Selesai sesi penampilan, sudah pasti dilanjutkan dengan mengenalkan permainan tradisional dan mengajak para peserta bermain bersama. Kali ini Tim TGR mengajak para peserta untuk bermain gasing, jejak, lompat tali, dan estafet kata.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 Acara Voluntrip kali ini berhasil menciptakan suasana yang menyenangkan dan penuh keceriaan bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih. Tidak hanya peserta yang bergembira melakukan seluruh rangkaian acara hari ini. Namun, kepuasan dan kegembiraan juga dirasakan oleh para volunteer dan Tim TGR.  

 "Acaranya seru banget, saya sangat senang dan menikmati kegiatan kemarin. Kami bisa menonton film tentang wayang sekaligus membuat wayang bersama adik-adik di sana. Semoga di lain waktu kita bisa berkunjung lagi dan bermain bersama adik-adik yang lucu dan menggemaskan itu," ucap Nisa, salah satu relawan dalam kegiatan Voluntrip kali ini.

 Nah, itulah keseruan Voluntrip TGR bersama Kitabisa.com dalam mengenalkan salah satu budaya Indonesia, yaitu wayang. Namun, tetap tidak lupa dengan misi utama TGR yaitu mengenalkan permainan tradisional juga. 

(Dokumentasi TGR Community, 2024)

 Adakah Sobat TGR yang pernah memainkan wayang? Coba ceritakan kisahmu di kolom komentar. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (NAI/ed. SEP dan HRV)

 Penasaran kan rasanya bertemu dengan Tim TGR dan bermain bersama kami? Untuk Sobat TGR yang ingin berkolaborasi dengan kami, mulai dari menjadi pengisi acara, tenant hingga narasumber, hubungi kami dengan klik tautan ini ya.

Traditional Games Returns Tgr Jalan-jalan Panti Asuhan Griya Asih Voluntrip By Kitabisa Tgr X Voluntrip By Kitabisa
Komentari Tulisan