Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Manfaat Permainan Petak Umpet

Jum'at, 24 Januari 2020 ~ Oleh Jesika Juliana ~ Dilihat 4672 Kali

Halo Ayah dan Bunda!

Siapa yang tidak kenal dengan permainan petak umpet? Permainan tradisional ini sangat terkenal di Indonesia maupun di luar negri. Selain menyenangkan, ternyata permainan petak umpet juga bisa membawa berbagai manfaat lho! Apa sajakah itu? Yuk simak!

  • Meningkatkan kemampuan sosial emosional

Menurut Rosalia dan Mas’udah (2015), peneliti dari Universitas Surabaya, permainan petak umpet dapat meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak. Hal ini dikarenakan ketika anak bermain petak umpet, mereka cenderung akan bekerja sama dan saling membantu satu sama lain. Ditambah lagi, mereka akan merasa senang ketika bermain petak umpet bersama dengan teman-teman. Sehingga peneliti menyarankan kepada orang tua dan guru untuk menyediakan permainan petak umpet sebagai kegiatan pembelajaran.

(Dokumentasi Sahabat Keluarga Kemdikbud, 2018)

 

  • Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan

Perkembangan keaksaraan akan meningkat bila anak memainkan petak umpet kata. Petak umpet kata adalah salah satu bentuk modifikasi dari petak umpet tradisional. Cara bermainnya cukup mudah, yaitu dengan menyembunyikan huruf, kemudian menemukan huruf yang tepat, lalu menyusun huruf menjadi kata dan menyebutkan huruf yang telah disusun dan terakhir mengucapkan kata yang didapat. Menurut Agustin, Jaya, dan Surahman (2016), permainan petak umpet kata dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat merangsang proses belajar pada anak. Karena, anak dapat membentuk konsep huruf serta bunyi huruf yang kemudian diaplikasikan dalam aktivitas membaca lebih lanjut.

  • Membentuk karakter demokratis dan disiplin 

Penelitian dari Nafisah (2016), menyebutkan bahwa permainan petak umpet dapat meningkatkan karakter demokratis dan disiplin pada anak. Pasalnya, permainan petak umpet dibangun secara bersama sama di mana setiap anak menerapkan aturan main yang ditetapkan dan disetujui oleh bersama. Kemudian, karakter disiplin turut diterapkan dalam permainan petak umpet dalam bentuk mematuhi aturan tersebut. Sehingga, anak belajar untuk taat kepada aturan dan tidak dapat berbuat atas kehendak mereka sendiri.

(Sumber: Guru Olahraga, tanpa tahun)

 

  • Meningkatkan  Keterampilan Motorik Kasar 

Penelitian dari Yamani (2016) menemukan bahwa salah satu manfaat dari permainan petak umpet adalah meningkatkan keterampilan motorik kasar anak. Motorik kasar ini mengakomodasi gerakan pada otot-otot besar seperti tangan dan kaki. Kemampuan motorik kasar membuat seorang individu dapat melakukan aktivitas penunjang kegiatan sehari-hari seperti berjalan, berlari, duduk, berdiri, mengangkat ataupun melempar benda. Nah, menurut peneliti, permainan petak umpet dapat meningkatkan keterampilan sebanyak 40 persen lho!

  • Mengasah Kemampuan Menyusun Strategi

Untuk memenangkan permainan petak umpet, anak harus menemukan lokasi strategis untuk bersembunyi. Lokasi tersebut bisa jadi ada di dekat pos jaga, jauh dari pos jaga, ataupun bersembunyi di belakang objek yang besar seperti pohon atau dinding. Nah, perilaku ini termasuk dalam kemampuan dalam menyusun strategi. Dengan memainkan petak umpet, anak didorong untuk mengasah strategi yang paling efektif. Heinrich & Wolff (2012) menyatakan bahwa kemampuan menyusun strategi adalah salah satu aspek yang terbentuk ketika anak bermain permainan petak umpet. 

 

Nah, setelah mengetahui manfaat dari permainan petak umpet, apakah Ayah dan Bunda tertarik untuk mencobanya bersama buah hati? Jadi tunggu apa lagi? Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (Jsk/ed.SF)

 

Referensi:

Agustin, N., Jaya, M. T., & Surahman, M. (2016). Aktivitas permainan petak umpet kata meningkatkan perkembangan keaksaraan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak2(2).

Heinrich, T., & Wolff, I. (2012). Strategic reasoning in hide-and-seek games: A note.

Nafisah, W. (2016). Pengaruh permainan tradisional petak umpet dan lompat tali terhadap pembentukan karakter demokratis dan disiplin anak usia sekolah dasar di SDN Pakukerto 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)

Rosalia & Mas’udah, M. U. (2015). Pengaruh permainan petak umpet terhadap kemampuan sosial emosional anak. PAUD Teratai4(2).

Yamani, A. I. (2016). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Melalui Permainan Petak Umpet Di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016

https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=4654, diakses 24 Januari 2020

http://ibuguruolahraga.blogspot.com/2016/02/permainan-tradisional-petak-umpet.html, diakses 24 Januari 2020

Tgr Campaign Tgr Parenting Permainan Tradisional Petak Umpet
Komentar
endah budiyarti - Rabu, 06 Mei 2020

pingin ikut permaian

Komentari Tulisan