Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Ragam Permainan Tradisional Damdas

Senin, 11 Nopember 2019 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 383 Kali

Halo Sobat TGR!

Tahukah sobat semua dengan permainan ini? Damdas merupakan sebutan bagi salah satu jenis permainan tradisional Betawi dan dikenal pula dengan sebutan dam-daman di daerah Jawa Tengah, utamanya Yogyakarta dan Solo. Cara bermain damdas mirip seperti permainan catur, namun dengan peralatan dan cara yang jauh lebih sederhana.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

Seperti halnya permainan catur, damdas umumnya dimainkan oleh dua orang, bisa laki-laki atau perempuan, dengan memanfaatkan dua jenis pion yang berbeda serta papan berpetak sebagai sarana bermainnya. Namun, tidak seperti catur yang memiliki pion dengan bentuk dan langkah yang berbeda, pion pada permainan damdas umumnya hanya berupa dua jenis kerikil, batu, atau biji-bijian dengan warna serta bentuk berbeda, sehingga dapat dibedakan antara pion pemain yang satu dengan lawannya.

Terdapat dua jenis permainan damdas, yaitu damdas tiga batu dan damdas 16 batu. Penamaan jenis permainan damdas ini sesuai dengan jumlah batu yang digunakan. Sebab, pada damdas tiga batu, jumlah pion yang digunakan adalah 3 buah pion pada masing-masing pemain; sedangkan damdas 16 batu menggunakan 16 buah pion untuk masing-masing pemainnya. Cara bermain dan jenis papan yang digunakan juga berbeda untuk masing-masing jenis.

Damdas Tiga Batu

Pada damdas tiga batu, bentuk petak permainan Damdas 3 batu dapat dilihat pada Gambar (1).

Gambar (1), Petak Permainan Damdas 3 Batu 

(Sumber: Karyati et.al.)

Cara bermainnya sangat mudah, yaitu:

  1. Dua orang pemain menyusun pion masing-masing pada petak permainan damdas seperti yang dapat dilihat pada Gambar (1a).
  2. Para pemain menentukan giliran bermain dengan suit. Pemain yang menang suit, dapat melangkah lebih dahulu.
  3. Pemain menggerakkan pion miliknya selangkah demi selangkah maju, mundur, atau serong dari satu titik ke titik yang lain searah dengan garis yang ada pada petak permainan Damdas.
  4. Pion terus digeser untuk mencari jalan ke area gunungan segitiga milik lawan. Pemain dapat saling menghalangi pion lawan untuk sampai ke gunungan segitiga miliknya seperti pada Gambar (1b).
  5. Pemain yang menang adalah pemain yang dapat lebih dahulu menggerakkan ketiga pion miliknya ke gunungan lawan.

Damdas 16 Batu

Lain halnya dengan damdas 16 batu, meski bentuk petaknya mirip dengan damdas tiga batu, namun petak damdas yang satu ini memiliki garis petak yang lebih banyak seperti diilustrasikan pada Gambar (2).

Gambar (2), Petak Permainan Damdas 16 Batu

(Sumber: https://www.academia.edu/29812410/DAM_DAMAN.docx)

Gambar (3), Contoh langkah untuk memakan pion lawan

(Sumber: https://mainantradisionalindonesia.wordpress.com/2014/11/04/permainan-dam-daman/)

 

Cara bermain damdas 16 batu sebagai berikut:

  1. Pemain terdiri atas 2 orang dan urutan bermain ditentukan melalui suit.
  2. Kedua pemain meletakkan ke-16 pion masing-masing pada petak yang berbentuk persegi dan segitiga.
  3. Pion pertama harus digerakkan maju kedepan sesuai dengan garis pada petak permainan damdas. Pion selanjutnya dapat digerakkan maju, ke samping, atau serong selangkah demi selangkah sesuai garis pada petak permainan. Pion tidak boleh digerakkan mundur.
  4. Para pemain harus berusaha "memakan" pion lawan dengan bergerak melangkahi pion lawan. Pemain dapat memakan lebih dari satu pion lawan selama pion dapat bergerak melangkahi pion lawan. Dalam hal ini, pion dapat digerakkan mundur (lihat gambar (3)).
  5. Apabila ada kesempatan namun lawan lupa/tidak mau memakan pion kita, maka kita dapat meneriakkan kata DAM dan lawan secara otomatis terkena pinalti, dimana kita dapat mengambil 3 buah pion lawan secara bebas.
  6. Lawan yang terkena pinalti akan kehilangan gilirannya sehingga kita dapat meneruskan permainan.
  7. Pion yang dapat bersarang pada daerah segitiga lawan akan menjadi pion sakti yang dapat bergerak ke manapun sesuai garis.
  8. Apabila pion permainan yang dimiliki pemain tersisa 3 buah, maka ketiga pion tersebut juga merupakan pion sakti yang dapat bergerak bebas ke manapun sesuai garis.
  9. Pemain yang menang adalah pemain yang dapat memakan habis pion lawan dan dikatakan seri apabila masing-masing pemain sama-sama menyisakan 1 buah pion.

 

Bagaimana, Sobat TGR tertarik memainkan permainan tradisional yang satu ini? Yuk, ikut melestarikan permainan tradisional Indonesia! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (Awd/ed.SF)

 

Referensi:

  1. Karyati T, Mulyani S, Rachmat, Junarti, Rohmawati, Sunarto. Aku Cinta Jakarta: Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta untuk Sekolah Dasar Kelas 3. Ganeca Exact (diakses dari https://books.google.co.id/books?id=6gegV2L-2jUC&pg=PT85&lpg=PT85&dq=damdas&source=bl&ots=LeAr1ggOf1&sig=ACfU3U3wfxEz4e7yqujeAprHSQse-MdMmQ&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwi5x_nv_czlAhVFVH0KHd52Ak8Q6AEwEHoECAcQAQ#v=onepage&q=damdas&f=false)
  2. Rohmawati., Rachmat., Sunarto., Mulyani, S., Junarti., Karyati, T. Aku Cinta Jakarta: Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta untuk Sekolah Dasar Kelas 4. Ganeca Exact (diakses dari https://books.google.co.id/books?id=wWVAxIm4PqsC&pg=PT36&lpg=PT36&dq=damdas&source=bl&ots=ym9aBn4nzd&sig=ACfU3U3FcIs0oYeEePcKe-zSgDZ0AJ2KIg&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwi5x_nv_czlAhVFVH0KHd52Ak8Q6AEwEXoECAgQAQ#v=onepage&q=damdas&f=false)

Permainan Tradisional Damdas Dam-daman
Komentari Tulisan