Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Manfaat Permainan Tradisional Damdas

Sabtu, 16 Nopember 2019 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 122 Kali

Halo Sobat TGR!

Beberapa waktu lalu, kita sudah membahas tentang permainan tradisional damdas. Tentu sobat semua masih ingat, kanNah, kali ini, kita akan mengulik lebih jauh tentang manfaat-manfaat positifnya. Yuk simak!

Permainan tradisional damdas telah lama dimainkan oleh anak-anak sejak jaman dahulu. Hanya dengan dua orang dan peralatan yang sederhana, sobat dapat bermain damdas ini. Sayangnya, seiring berkembangnya teknologi, permainan-permainan jenis ini mulai ditinggalkan dan tergantikan dengan permainan daring. Padahal, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari permainan damdas, khususnya untuk perkembangan anak. Apa saja?

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

  • Melatih Kesabaran

Ketika bermain damdas, ada waktu di mana kita diharuskan untuk menunggu lawan berpikir untuk menggerakkan pionnya. Rentang lamanya pun  bervariasi, ada lawan yang membutuhkan waktu cukup cepat dalam berpikir, namun ada pula yang membutuhkan beberapa waktu untuk melakukan giliran. Hal ini dimaksudkan untuk melatih kesabaran dari anak untuk menunggu gilirannya kembali.

  • Melatih Kecerdikan dan Kecermatan

Dalam permainan ini, kecerdikan dan kecermatan dalam menangkap peluang atau menentukan pion mana yang harus digerakkan sangatlah penting. Selain itu, ke arah mana pion harus digeser juga akan memberikan pengaruh pada keberlanjutan permainan. Anak harus menyusun strategi bertahan agar pionnya tidak "dimakan" pion lawan, atau agar dapat bergerak hingga daerah yang dituju. Di sisi lain, anak juga dapat bergerak untuk menyerang pion lawan dan membuat peluang supaya bisa "memakan" pion lawan. Hal ini tentu membutuhkan kecerdikan dan kecermatan yang tinggi.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

  • Mengajarkan bahwa Semua Manusia Sama

Damdas menggunakan pion-pion yang serupa dan memiliki kesempatan yang sama untuk bergerak maju, ke samping, serong (diagonal), atau mundur. Dari segi filosofisnya, hal ini dapat mengajarkan pada anak bahwa setiap orang sejatinya sama di mata Tuhan dan memiliki kesempatan yang sama pula untuk berkembang, tergantung pada jalan mana yang dipilih.

  • Melatih untuk Berani Mengambil Resiko

Pada setiap langkah dalam permainan damdas, ada resiko pion akan dimakan oleh pion lawan. Hal ini mengajarkan pada anak bahwa untuk mencapai tujuan ada langkah-langkah yang harus diambil dan setiap langkah yang kita pilih pasti akan ada resiko yang harus diterima. Resiko-resiko ini dapat berdampak negatif, misalnya pion sendiri dimakan oleh pion lawan, maupun dampak positif seperti pion kita berhasil sampai pada ujung segitiga lawan atau dapat memakan pion lawan.

  • Mengajarkan Nilai Gotong Royong

Melalui permainan ini, anak juga dapat diajarkan bahwa untuk mencapai sebuah tujuan tidak bisa dilakukan sendiri, namun tetap membutuhkan bantuan orang lain di sekitar kita. Poin ini ditunjukkan dengan sejumlah pion yang bersama-sama bergerak untuk dapat memenangkan pertandingan.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2019)

 

  • Mengenalkan Konsep Bangun Datar

Selain mengajarkan nilai-nilai kehidupan, anak juga dapat diajak belajar matematika sambil bermain damdas. Melalui bentuk petak permainan damdas, anak dapat diajak untuk mengenal bentuk-bentuk bangun datar seperti segitiga, persegi atau persegi panjang. Anugerah (2018) dalam penelitiannya juga membuktikan bahwa permainan damdas (dam-daman) dapat digunakan dalam membantu mengenalkan konsep luas daerah persegi bagi murid kelas 4 SD di daerah Tasikmalaya. Metode tersebut terbukti efektif dalam mengatasi hambatan belajar siswa dalam memahami materi konsep luas persegi.

  • Membantu Mencegah Demensia

Selain bagi anak, permainan damdas juga dapat memberikan manfaat bagi lansia yakni mencegah demensia. Demensia merupakan penyakit yang umum diderita oleh lansia dan disebabkan oleh penurunan fungsi kognitif. Penelitian oleh Romadhon (2016) pada 20 orang lansia di Kediri menunjukkan bahwa dengan bermain damdas (dam-daman) dapat membantu melatih fungsi kognitif dan daya ingat pada lansia, sehingga dapat mencegah terjadinya demensia.

Dengan banyaknya mafaat dari permainan tradisional damdas ini, ayo kita bersama-sama kembali bermain permainan tradisional dan turut melestarikannya. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (Awd/ed.SF)

 

Referensi:

Damdas Permainan Tradisional Tgr Parenting
Komentari Tulisan