Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

TGR Jalan-jalan ke Pekalongan: Aksi Traditional Games Returns di SMAN 3 Pekalongan

Minggu, 09 Februari 2020 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 360 Kali

Pekalongan, 8 Februari 2020 - Tim Traditional Games Returns (TGR) Pekalongan berkesempatan untuk mengisi sesi ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 3 Pekalongan. Sebanyak 150 siswa kelas X berpartisipasi mencoba permainan tradisional. Tim TGR Pusat turut hadir memeriahkan kegiatan ini.

   

(Dokumentasi TGR Campaign, 2020)

 

Sesi dibuka dengan sambutan dari founder TGR Pusat Aghnina Wahdini dan ketua TGR Pekalongan Hasan Maruf. Dalam sambutannya, para siswa diajak mengenal makna filosofis di balik permainan tradisional. Sebut saja permainan congklak, memiliki nilai kejujuran dan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian permainan dampu bulan atau jengklek yang mengajarkan kerja keras "from earth to heaven", filosofi bagaimana manusia harus berbuat baik selama di dunia untuk mendapat kenikmatan di surga.

   

(Dokumentasi TGR Campaign, 2020)

 

Usai mendengarkan sambutan, semua siswa peserta sesi dibagi menjadi beberapa kelompok. Para fasilitator sudah siap dengan alat permainan tradisionalnya masing-masing. Ragam permainan tradisional pun diperagakan mulai dari patok lele, gasing, karet, egrang bambu, egrang batok, lari balok hingga mainan tanpa alat seperti menowo ibu tindak pasar, ampar-ampar pisang dan cublak-cublak suweng. Walaupun hujan deras, para peserta tetap menunjukkan antusiasme bermain bersama TGR.

    

(Dokumentasi TGR Campaign, 2020)

 

Tak lelah mencoba berbagai permainan, kegiatan ini ditutup dengan lomba terompah panjang antarregu pramuka. Setiap tim terdiri atas tiga orang dan mencoba berjalan secepat mungkin untuk mencapai garis finis. Pramuka menjadi lebih berwarna dengan permainan tradisional. Kini sobat TGR di Pekalongan dapat dengan mudah mengundang TGR untuk bermain permainan tradisional dengan mengisi formulir ini (bit.ly/PermohonanKolaborasiTGRPKL). Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (AW/ed.SF)

Tgr Jalan-jalan Tgr Campaign Tgr Pekalongan Permainan Tradisional
Komentari Tulisan