Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

TGR Jalan-jalan ke Pekalongan: Berkenalan Dengan Tim TGR Pekalongan

Sabtu, 08 Februari 2020 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 316 Kali

Pekalongan, 8 Februari 2020 - Tim Traditional Games Returns (TGR) Pusat mengunjungi Kota Pekalongan. Pada kesempatan ini, tim TGR Pusat disambut hangat untuk memberikan sosialisasi permainan tradisional dan hak-hak anak kepada anggota tim TGR Pekalongan. Bertempat di Kantor Kecamatan Pekalongan Selatan, diskusi antar anggota dimulai dengan suasana kekeluargaan.

  

(Dokumentasi TGR Campaign, 2020)

 

Sebagai informasi, TGR Pekalongan terbentuk sejak 28 Desember 2019 dan berkegiatan setiap hari Minggu di Alun-Alun Kota Pekalongan. Lebih lanjut lagi, permainan yang kerap dimainkan pada kegiatan rutin tersebut adalah hasil karya anggota TGR bernama Yoga Ugama, remaja Pekalongan yang berhasil melestarikan dan memodifikasi ragam permainan tradisional seperti congklak, egrang batok, bedil jepret, patok lele, layangan raksasa dan pletokan bambu. Komunitas ini semakin berwarna dengan alunan musik tradisional angklung yang dimainkan tatkala anak-anak bermain tradisional, merekalah tim Laras Kahuripan yang digagas oleh Mbah Udin, pegiat musik angklung khas Pekalongan.

(Dokumentasi TGR Campaign, 2020)

 

Keesokan harinya, tim TGR turut hadir dalam peresmian dan peluncuran posyandu remaja yang bernama "Garpu Sakti: Gerakan Pemuda Sehat, Aspiratif, Kreatif dan Inovatif". Tim TGR dan Laras Kahuripan pun beraksi dengan bermain alat musik tradisional angklung di sela-sela kegiatan. Kegiatan dilanjutkan dengan cek kesehatan gratis yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. Cek kesehatan tersebut meliputi ukur tinggi, berat badan, serta cek darah. Untuk ke depannya, TGR Pekalongan berkomitmen menjadi kader remaja peduli kesehatan, khususnya dalam mencegah gangguan kesehatan mental akibat adiksi gawai melalui medium permainan tradisional.

  

(Dokumentasi TGR Campaign, 2020)

 

Kini, TGR Pekalongan membuka kesempatan bagi sekolah dan instansi untuk berkolaborasi bersama. Sobat TGR di Pekalongan dapat dengan mudah mengundang TGR untuk bermain permainan tradisional dengan mengisi formulir ini (bit.ly/PermohonanKolaborasiTGRPKL). Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (AW/ed.SF)

Tgr Jalan-jalan Tgr Pekalongan
Komentari Tulisan