Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Cara Seru Tingkatkan Wawasan Anak kala Pandemi dengan Bermain ABC Lima Dasar

Rabu, 19 Mei 2021 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 62 Kali

Halo Sobat TGR!

Generasi milenial pasti tidak asing dengan permainan ABC Lima Dasar. Permainan sederhana ini bisa dimainkan di mana saja loh, cocok sekali dimainkan oleh anak-anak di rumah terutama kala pandemi. Apalagi, di masa seperti ini, acap kali dijumpai anak-anak yang tidak bisa lepas dari gawainya.

Sobat TGR terutama Ayah dan Bunda pasti tahu dampak buruk anak terlalu sering bermain. Di tengah kondisi ini, pasti sulit sekali mengajak anak untuk lepas dari gawainya, terutama anak-anak yang sudah kecanduan game online. Sobat TGR dapat mengajak anak-anak bermain ABC Lima Dasar sebagai salah satu cara menjauhkan anak dari gawainya. Sobat TGR bisa memandu anak agar bisa menikmati permainan sederhana ini.

(Dokumentasi Ensiklopedia Jakarta, diakses 17 Mei 2021)

 

Bagaimana Cara Memainkannya?

Cara bermain ABC Lima Dasar ini sangat mudah loh. Sobat TGR tidak perlu keluar rumah atau menggunakan alat bantu apapun. Permainan ini bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih. Selain anak-anak, kalian juga bisa mengajak saudara atau teman untuk bermain permainan ini. Bukankah semakin meriah, permainan akan semakin seru dan mengasyikkan?

Untuk memainkan ABC Lima Dasar, sobat TGR bisa duduk melingkar kemudian semua pemain bisa menentukan aturan bermainnya, misalnya hukuman bagi pemain yang gagal menebak dan kategori yang akan dimainkan: nama hewan, nama negara, ataupun nama buah-buahan. Semua pemain kemudian berteriak “ABC Lima Dasar!” dan mengacungkan jari sesuai dengan yang diinginkan.

Salah satu pemain bisa mengurutkan satu per satu jumlah jari dengan huruf alphabet, A hingga Z dan kembali lagi ke A jika sudah mencapai Z. Huruf terakhir yang disebutkan akan menjadi huruf awal yang harus ditebak, misalnya urutan berhenti pada huruf “J” dan kategori yang dimainkan adalah nama hewan, maka pemain harus menebak hewan yang berawalan dengan huruf “J”. Ketika sobat TGR sudah menemukan jawabannya, sobat TGR bisa berseru secepatnya supaya tidak didahului pemain lain. Pemain yang tidak bisa menebak bisa mendapatkan hukuman sesuai yang telah ditentukan.

 

Apa Saja Manfaat Permainan Ini? 

Selain mengasyikkan, permainan ABC lima dasar juga bermanfaat meningkatkan kecerdasan anak. Dalam permainan ini, anak akan sering mendengar huruf A hingga Z disebutkan sehingga perlahan anak akan menghafal urutan huruf alphabet tersebut. Anak juga bisa belajar berbagai kosakata baru yang didengarnya saat bermain permainan ini. Ketika ia akan menebak sesuatu, namun ternyata sudah disebutkan oleh pemain lain, maka ia terpaksa harus mencari kosakata baru agar ia bisa terhindar dari kekalahan. 

Permainan ABC Lima Dasar juga bisa meningkatkan konsentrasi anak dan kecepatan berpikir anak, sebab dalam permainan ini ia dituntut untuk mampu menemukan kosakata yang tepat dalam waktu yang singkat. Jadi bagaimana? Sobat TGR pastinya tertarik untuk mengajak anak bermain permainan sederhana tetapi sangat bermanfaat ini, kan? Tunggu apa lagi? Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (Nai/ed.Jsk)

REFERENSI:

Munasiroh. (2017). Mengasah Kecerdasan Bahasa Anak dengan Bermain ABC 5 Dasar. Diambil kembali dari http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20170531101534/Mengasah-Kecerdasan-Bahasa-Anak-dengan-Bermain-ABC-5-Dasar. Diakses tanggal 17 Mei 2021.

Febriani Friska. (2016). ABC 5 Dasar, Permainan 90-an yang Masih Seru Hingga Sekarang. Diambil kembali dari https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/2452947/abc-5-dasar-permainan-90-an-yang-masih-seru-hingga-sekarang. Diakses tanggal 17 Mei 2021.

Anonim. (2019). Permainan ABC Lima Dasar. Diambil kembali dari http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/permainan-abc-lima-dasar?lang=id. Diakses tanggal 17 Mei 2021.

Permainan Tradisional Abc Lima Dasar Tgr Parenting
Komentari Tulisan