Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Alviand Miracle, YouTuber Pelestari Permainan Tradisional Asal Bali

Senin, 19 Oktober 2020 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 252 Kali

Halo Sobat TGR!

Pada kesempatan kali ini, kita berkenalan yuk dengan salah satu YouTuber asal Bali, Kak Alviand Miracle! Pria kelahiran 1 Oktober ini aktif membagikan konten di channel (kanal) YouTube dan Instagram. Konten yang Kak Alviand sampaikan adalah kebersamaannya dengan sang istri, Nina Jasmine, serta kedua putrinya, Aluna dan Amanda. Di samping itu, ia juga berprofesi sebagai magician/pesulap. Ketertarikannya menekuni seni sulap ini ia lakukan sejak usia 10 tahun.

  

(Dokumentasi Instagram @alviandmiracle, 2020)

 

Sebagai seorang YouTuber, ia membagikan video kegiatannya sejak tahun 2016. Saat ini, sudah ada 89 video yang ia bagikan di kanal YouTube "Alviand Miracle". Tak hanya itu, hingga saat ini pula, ia telah diikuti oleh 654.000 lebih subscribers. Populer kan?

Nah, pada salah satu unggahannya yang terbaru, tepatnya tanggal 18 Oktober 2020, Kak Alviand membahas tentang beberapa permainan tradisional loh! Dalam video tersebut, ia bersama keluarganya tengah berada di sebuah villa. Namun tak di sangka, Aluna merasa bosan dan ia minta main handphone kepada Kak Alviand. Tidak tinggal diam, Kak Alviand pun mengenalkan lima permainan yang menjadi alternatif kegiatan bersama keluarga.

  

(Dokumentasi channel YouTube Alviand Miracle, diakses 19 Oktober 2020)

 

Dalam video ini, Kak Alviand bersama Kak Nina menunjukkan keseruan bermain lompat karet bersama kedua putri mereka, mencontohkan cara lompat dalam permainan engklek, mengenalkan cara main congklak, mempraktikkan cara 'menembak' dan membidik kelereng, serta membagikan keseruan bermain Tak Umpet Card Game. Permainan kartu karya kolaborasi TGR Community dan Mahavira Studio ini menjadi permainan pamungkas yang menjadi review Kak Alviand di bagian akhir video tersebut.

  

(Dokumentasi channel YouTube Alviand Miracle, diakses 19 Oktober 2020)

 

Akhir kata, TGR Community memberikan apresiasi kepada Kak Alviand yang telah bersedia mempromosikan permainan tradisional sekaligus melestarikan budaya. Semoga semakin banyak konten kreator yang peduli terhadap permainan tradisional seperti Kak Alviand ya! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (SF/ed.AW)

 

Referensi:

Miracle, Alviand. 2020. "Ternyata permainan ini hampir punah di Indonesia!!! Nomer 5 paling seru!!!." Diunggah pada 18 Oktober 2020, diakses pada 19 Oktober 2020. Video YouTube, 17:30, https://youtu.be/_X0SaN7hlzQ.

Permainan Tradisional Alviand Miracle
Komentari Tulisan