Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Webinar TGR, Eksplorasi Kualitas dan Potensi Dirimu Melalui Public Speaking

Kamis, 12 Nopember 2020 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 205 Kali

Jakarta, 8 November 2020 - Traditional Games Returns (TGR) Community menyelenggarakan webinar tentang public speaking dengan narasumber Kak Citra Agnesia, seorang presenter pada program di televisi dan founder Kelas Komunikasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai teknis dan seni dalam membentuk soft skill pribadi, khususnya ketika berbicara di depan umum. Acara dimulai pada pukul 15.00 WIB dan dibuka oleh Kak Fira sebagai moderator yang diawali dengan sesi foto bersama.

(Dokumentasi TGR Community, 2020)

 

Setelah sesi foto bersama, sesi berikutnya ialah pemaparan materi. Kak Citra mengawali pemaparan materi dengan menceritakan pengalamanya sebagai presenter dan sembari menanyakan ke peserta webinar hal-hal apa saja yang dihadapi ketika berbicara didepan banyak orang.  Salah satu yang menyampaikan pendapat adalah Dyah – ia memberikan pandangannya ketika diminta berbicara di depan ribuan orang, hal yang pertama kali muncul adalah perasaan gugup, terbata-bata dalam berbicara, tidak fokus dan bahkan akan merasa sakit perut sebelum naik panggung.

Pada sesi materi selanjutnya, Kak Citra memberikan tips dan trik dalam mengatasi masalah tersebut ketika berada di panggung.  Menurutnya, hal paling pertama dalam public speaking adalah membangun rasa kepercayaan diri. Rasa ini dibangun dengan cara melakukan afirmasi diri, yaitu mencari pernyataan positif yang spesifik ditujukan kepada diri sendiri dan membuat pribadi berbeda hingga akhirnya membentuk sebuah keyakinan. Selain itu, rasa percaya diri dapat muncul ketika teman-teman melakukan mapping untuk menggali potensi diri dengan cara mencari hal-hal yang berkaitan dengan public speaking, seperti berbicara di depan cermin sembari menyebut poin-poin positif untuk meningkatkan rasa percaya diri.

(Dokumentasi TGR Community, 2020)

 

Di samping membangun kepercayaan diri, terdapat hal yang patut diperhatikan ketika menjadi seorang public speaker yaitu behavior, good looking, gesture, dan vocal. Di lain sisi, elemen penting yang perlu diperhatikan oleh audiens kepada seorang public speaker berdasarkan penelitian adalah visual 55%, vocal 38% dan verbal 7%.

Sesi pemaparan materi selesai, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta webinar. Salah satu peserta, Aditya, memberikan pertanyaan “Bagaimana cara mengembalikan mood yang kurang baik pada diri kita menurut pengalaman Kak Citra?” –

Kak Citra memberikan jawaban “Jika kita menjadi seorang public speaker, kondisi mood harus dalam kondisi ON, menjadi public speaker tidak boleh menunjukkan masalah yang kita miliki. Artinya, kita tidak boleh memberikan beban kita itu ke orang banyak. Oleh karena itu, ketika menjadi public speaker yang diutamakan adalah profesionalitas, kemudian setelah itu memikirkan sesuatu hal yang menyenangkan agar mood tetap selalu ON.”

(Dokumentasi TGR Community, 2020)

 

Pada sesi tanya jawab ini, antusiasme peserta webinar terlihat dalam memberikan pertanyaan baik melalui chat box maupun bertanya langsung melalui fitur open mic. Namun karena adanya keterbatasan jumlah pertanyaan yang diberikan, maka sesi tanya jawab dibatasi dan selanjutnya memasuki sesi challenge sebagai public speaker yang dipilih dari peserta yang raise hand tercepat. Kemudian terpilihlah empat orang peserta yaitu Faizah, Najwa, Salsa dan Ferdi. Pada sesi ini peserta menunjukkan aksinya dalam membawakan suatu acara yang selanjutnya dibimbing langsung oleh Kak Citra. Keseluruhan peserta menampilkan aksi yang sangat menarik, keren dan terlihat telah memiliki bakat sebagai seorang public speaker.

Acara diakhiri pada pukul 16.30 WIB oleh Kak Fira dan selanjutnya para peserta memberikan ucapan terima kasih kepada Kak Citra. Semoga dengan adanya webinar ini, peserta mampu mengembangkan kemampuan pribadi menjadi lebih baik lagi, serta ilmu-ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat untuk masa mendatang. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (Caa/ed.SF)

Tgr Event Webinar Public Speaking
Komentari Tulisan