Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Ddakji, Permainan asal Korea dari Kertas yang Seru dan Menantang

Rabu, 07 April 2021 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 422 Kali

Halo, Sobat TGR! Sudah mengenal permainan Ddakji? Ada yang pernah dengar sebelumnya? Kalau belum, simak yuk penjelasan di bawah ini. Cara mainnya sangat mudah lho~

Ddakji, yang juga dieja dengan ttakji (딱지) ini adalah salah satu permainan tradisional Korea. Ddakji dibuat dengan menggunakan kertas yang dilipat menjadi sebuah persegi. Permainan ini dapat dilakukan bersama dua orang atau lebih dengan membuat sisi Ddakji lawan terbalik. Meskipun terlihat mudah, diperlukan ketepatan dan kekuatan yang tepat untuk membalik Ddakji milik lawan dengan Ddakji sendiri dalam sekali percobaan.

(Dokumentasi KPOPJacketLady, 2016)

 
Permainan ini sangat digemari dan populer di kalangan anak-anak hingga dewasa. Ddakji mempunyai variasi ukuran kertas yang berbeda-beda sesuai keinginan. Untuk itu, dalam membuat Ddakji dibutuhkan 2 kotak kertas berukuran sama. Untuk membuat satu Ddakji dapat menggunakan kertas origami, karton, koran dan lain-lain. 

(Dokumentasi lovesouthkorea, 2011)

 

Pertama, lipat dua kertas pertama dengan ukuran yang sama. Kemudian lipat kertas tersebut menjadi tiga bagian. Lakukan dengan cara yang sama pada kertas kedua. Setelah dilipat menjadi tiga bagian, letakkan satu di atas yang lain dengan posisi yang berlawanan. Lalu, lipatlah secara diagonal seperti pada langkah nomor tiga pada gambar di atas. Masukkan lipatan tersebut dan selipkan yang terakhir di bagian bawah kertas.  Semakin bagus dan rapi lipatan yang dibuat, maka Ddakji akan semakin kuat. Untuk memulai permainan, buatlah satu Ddakji dengan langkah-langkah yang sama.

 

Cara Bermain Ddakji:

Letakkan Ddakji di lantai atau permukaan yang rata. Untuk menentukan giliran, biasanya menggunakan suit. Kemudian lawan akan mencoba melempar Ddakji miliknya hingga mengenai Ddakji yang berada di lantai menjadi terbalik. Jika, Ddakji lawan tidak terbalik, maka giliran lawan yang berhak untuk melemparkan Ddakjinya. Pemenangnya ditentukan oleh yang berhasil membalikkan Ddakji lawan yang berada di lantai. Untuk membalik Ddakji, diperlukan strategi dan teknik yang tepat dan mengenai sasaran.

Meski pun berhasil mengenai sasaran, terkadang Ddakji lawan tidak berhasil terbalik dengan mudah lho! Oleh karena itu, permainan Ddakji ini sangat seru untuk dimainkan dan bisa dimainkan oleh semua kalangan serta tidak memandang usia. Tunggu apalagi? Yuk segera coba dan rasakan keseruan bermain Ddakji bersama teman-teman dan keluarga! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (Ste/ed.AW)

Ddakji Permainan Tradisional Permainan Korea
Komentari Tulisan