Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Workshop Kepenulisan #MerdekaBermain: Meriahkan HUT RI ke-76 dengan Berbagi Opini Menarik

Senin, 23 Agustus 2021 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 136 Kali

Bekasi, 22 Agustus 2021 - Traditional Games Returns (TGR) Community menyelenggarakan Workshop Kepenulisan yang bertajuk Merdeka Bermain: Meriahkan HUT RI ke-76 dengan Berbagi Opini Menarik. Kegiatan ini merupakan kegiatan penutup dari rangkaian kampanye TGR #MerdekaBermain yang diselenggarakan pada 8-22 Agustus, sekaligus sebagai program perdana TGR Talks yang pertama. Kegiatan dilaksanakan secara daring mengingat pandemi Covid-19 yang masih berlanjut.

(Dokumentasi TGR Community, 2021)



Menurut Aghnina Wahdini, M.I.Kom., Executive Director TGR Community, workshop kepenulisan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari kampanye #MerdekaBermain dan bertujuan untuk memfasilitasi mereka yang memiliki minat menulis sehingga nantinya dapat mengasah kemampuan menulis lebih lanjut. Traditional Games Returns sendiri mengembangkan website-nya untuk seluruh masyarakat Indonesia agar bisa berpartisipasi dalam menyumbangkan ide, gagasan, dan pikirannya kedalam sebuah karya tulisan hingga nantinya Traditional Games Returns dapat mengambil peran penting dalam meningkatkan literasi masyarakat.

Salah satu relawan penulis opini, Alexandra Vivialda, mengemukakan perasaannya saat karyanya terpilih menjadi opini terbaik. Menurutnya, ia tidak nyangka bisa menemukan kegiatan seperti ini, yaitu kegiatan menulis yang terbuka untuk siapapun bahkan seperti apapun tulisannya bisa dipublikasikan. Rasanya senang banget bisa ikutan, ketentuan yang tidak sulit sehingga membuatnya yakin dan percaya diri untuk turut berpartisipasi. Kegiatan dari TGR sangat keren, sebab menjadi wadah dan jalan untuk teman-teman penulis yang ingin belajar mengembangkan bakat menulis opini.

(Dokumentasi TGR Community, 2021)

 

Workshop Kepenulisan ini diisi langsung oleh Head of Research and Development Team TGR, Suprayitno Fitra Bagus Prakoso, S.S., yang menjelaskan mengenai pengetahuan dasar menulis dan bagaimana cara menulis opini yang baik. Mengingat sebelumnya TGR telah membuka open recruitment untuk Relawan Virtual Penulis Opini di website tgrcampaign.com. Selain itu dalam workshop ini juga diadakan awarding bagi tiga relawan virtual penulis opini #MerdekaBermain terbaik dan juga serangkaian games seputar 17 Agustus untuk seru-seruan bersama peserta workshop yang tentunya dilakukan secara daring. Kegiatan diakhiri sekitar pukul 15.15 WIB. Semoga dengan terselenggaranya kampanye #MerdekaBermain ini, dapat meningkatkan literasi dan minat menulis generasi muda, khususnya untuk mendokumentasikan pelestarian budaya dan permainan tradisional khas Indonesia. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (Ind/ed.SF)

Merdekabermain Workshop Kepenulisan Opini Sobat Tgr
Komentari Tulisan