Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Gorodki, Permainan Otentik Rusia yang Terasingkan

Rabu, 22 September 2021 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 127 Kali

Halo Sobat TGR! 

Apakah kalian tahu istilah sirkus, atau bahkan mungkin pernah menontonnya? Itu lho, pertunjukan hiburan atau atraksi yang menampilkan kelihaian para pemain akrobatnya. Apakah Sobat ada yang tahu cerita legendaris seputar Boneka Matryoshka yang mendunia? Sobat tentu tahu dong semua itu berasal dari mana? Ya, Rusia! Melalui tulisan ini, TGR akan mengajak kalian semua mengenal sekelumit tentang negara Rusia lewat permainan tradisionalnya yang cukup otentik! Penasaran kanYuk, simak!

Sejak abad ke-18, orang Rusia telah memainkan sebuah permainan yang hanya bisa dimainkan oleh mereka yang tangguh. Kekuatan wajib yang harus dimiliki ialah penglihatan yang tajam dan kekuatan otot lengan. Mereka menyebut permainan ini dengan nama gorodki. Secara bahasa, gorodki berasal dari kata "gorod" yang berarti "kota" atau "gorodok" yang berarti "kota kecil" alias "desa". 

(Dokumentasi Russia Beyond, diakses 20 September 2021)

 

Seperti namanya, gorodki dahulu sangat terkenal di kalangan masyarakat desa. Namun setelah Uni Soviet berkuasa, permainan ini tidak hanya dimainkan oleh masyarakat desa saja, tetapi semakin meluas menjadi permainan bagi seluruh kalangan. Tidak memandang buruh ataupun bangsawan, semuanya dengan riang memainkan Gorodki ini. Bahkan penulis masyhur Rusia, Leo Tolstoy, juga pernah bermain gorodki bersama rekannya di kamp tentara Kaukasus lho

Gorodki menjadi permainan yang paling otentik dibanding permainan Rusia lainnya, sebab Gorodki dinilai memiliki banyak padanan dengan permainan ataupun budaya di tempat lain namun tetap mempertahankan keunikannya sendiri. Permainan ini dulunya juga sangat populer. Bahkan di era keemasan Uni Soviet, seluruh tempat wisata, stadion, spa kesehatan, halaman, perkemahan musim panas, bahkan pabrik-pabrik, menyediakan area khusus untuk bermain Gorodki.

Permainan gorodki hampir mirip dengan permainan bowling yang kita kenal di era sekarang ini. Bedanya, gorodki menggunakan lima batang balok kayu yang disusun dengan bentuk yang berbeda-beda. Terdapat kurang lebih 15 motif susunan balok kayu yang diberi istilah tertentu, di antaranya ada "garpu", "meriam", "lobster", "pesawat terbang", "bintang", "anak panah", dan lain sebagainya.

(Ilustrasi Sofya la Rus, diakses 20 September 2021)

 

 

Susunan balok kayu (gorodki) ini diletakkan dalam kotak seluas tiga meter persegi (gorod) untuk kemudian ditumbangkan oleh pemain menggunakan tongkat kayu kurang lebih sejauh 13 meter. Maksud sederhana dari permainan ini adalah menjatuhkan lima balok kayu - atau istilahnya "desa" - agar bisa keluar dari "kota"/area bermain yang berbentuk persegi tersebut.  Setiap pemain hanya diberi tiga kali kesempatan untuk menumbangkan susunan lima balok kayu tersebut. Pemenangnya adalah pemain yang mampu mengeluarkan jumlah lemparan paling minim untuk menghancurkan keseluruhan 15 motif susunan balok kayu selama tiga kali putaran. 

(Dokumentasi Ministry of Defence of the Russian Federation, diakses 20 September 2021)

 

Seperti itulah cara memainkan permainan gorodki ini. Namun sangat disayangkan, permainan otentik asal Rusia kini sudah semakin tergeser oleh modernisasi zaman. Generasi muda Rusia saat ini lebih memilih untuk bermain bowling karena dinilai lebih kekinian. Adakah Sobat TGR disini yang tertarik mencoba bermain Gorodki? 

Artikel ini hadir untuk menyajikan kembali wawasan permainan tradisional dunia yang mungkin belum pernah kalian ketahui sebelumnya. Semoga bermanfaat ya Sobat TGR! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (IND/ed.SF)

 

REFERENSI:

_____. 2002. Gorodki Mulai Ditinggalkan Kaum Muda Rusia. Diambil kembali dari Liputan6.com: https://www.liputan6.com/global/read/37254/gorodki-mulai-ditinggalkan-kaum-muda-rusia. Diakses 20 September 2021.

_____. (tanpa tahun). Finals of the Gorodki Open Championship of the National Centre for State Defence Control. Diambil kembali dari Ministry of Defence of the Russian Federationhttps://eng.mil.ru/en/mcis/multimedia/photo/[email protected]. Diakses 20 September 2021.

Kalikina, Darya. 2013. Gorodki: Ancient Russian game enjoys renaissance. Diambil kembali dari Russia Beyond: https://www.rbth.com/society/2013/05/18/gorodki_ancient_russian_game_enjoys_renaissanc e_26091.html. Diakses 20 September 2021.

Kies, Lisa. 2007. Gorodki: A very plausibly period Russian game. Diambil kembali dari Sofya la Rushttp://sofyalarus.info/russia/gorodki.html. Diakses 20 September 2021.

Manaev, Georgy. 2015. Dari Mana Akar Kemenangan Olimpiade Rusia Berasal?. Diambil kembali dari Russia Beyondhttps://id.rbth.com/discover_russia/2015/12/05/dari-mana-akar-kemenangan-olimpiade-rusia berasal_547531. Diakses 20 September 2021.

Gorodki Rusia Kayu Permainan Tradisional
Komentari Tulisan