Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Memperingati Hari Anak Universal, Mari Lestarikan Permainan Tradisional yang Dapat Dilakukan di Rumah Saat Masa Pandemi

Sabtu, 20 Nopember 2021 ~ Oleh Alisya Rahma Saebani ~ Dilihat 168 Kali

Halo Sobat TGR!

Kalian pasti tahu setiap tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Universal. Maka dari itu, Sobat TGR harus mengetahui bahwa anak-anak memiliki hak yang harus dipenuhi oleh orang tua, salah satunya adalah hak bermain. Tujuan adanya Hari Anak Universal yaitu mempromosikan tentang kebersamaan internasional, kesadaran mengenai hak anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, pasti Sobat pernah merasa bosan karena hanya bisa beraktivitas di rumah. Tenang saja, aku akan merekomendasikan empat permainan tradisional yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah. Yuk simak!

 

  1. Ular Naga

Ular naga biasa dimainkan oleh 5-10 orang atau bahkan lebih. Barisan akan bergerak melingkar kian kemari, sebagai "Ular Naga" yang berjalan-jalan dan terutama mengitari "gerbang" yang berdiri di tengah-tengah halaman, sambil menyanyikan lagu.

Pada saat-saat tertentu sesuai dengan lagu, Ular Naga akan berjalan melewati "gerbang". Pada saat terakhir ketika lagu habis, seorang anak yang berjalan paling belakang akan 'ditangkap' oleh "gerbang". Gerbang tersebut biasanya diperankan oleh 2 orang.

Setelah semua barisan ular habis, permainan akan berlanjut dengan perebutan anggota. Perebutan anggota dilakukan dengan cara saling tangkap. Permainan ini akan sangat seru dimainkan bersama keluarga di rumah.

 

  1. Benteng

Permainan bentengan perlu dilakukan oleh sekelompok pemain dengan jumlah genap, sebab dalam permainan ini hanya akan ada dua tim. Setiap kelompok akan memiliki markas berupa tiang, batu, atau pilar. Tujuan permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih benteng lawan dengan menyentuh tiang/pilar yang telah ditentukan oleh lawan dan meneriakkan kata "benteng".

Kemenangan dapat diraih dengan "menawan"/"menyandera" seluruh anggota lawan dengan menyentuh bagian tubuh mereka. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi "penawan" dan yang "tertawan" ditentukan dari waktu terakhir saat si "penawan" atau "tertawan" menyentuh markas benteng mereka masing-masing.

Orang yang paling dekat waktunya ketika menyentuh benteng berhak menjadi "penawan" dan bisa mengejar dan menyentuh anggota lawan untuk menjadikannya tawanan. Tawanan biasanya ditempatkan di sekitar benteng musuh. Tawanan juga bisa dibebaskan bila rekannya dapat menyentuh dirinya. Dalam permainan ini, biasanya masing–masing mempunyai tugas seperti penyerang, mata-mata, pengganggu, dan penjaga benteng. Permainan ini sangat membutuhkan kecepatan dan juga kemampuan strategi yang andal.

 

  1. Engklek

Permainan ini digemari di seluruh daerah dengan nama yang berbeda-beda dan unik. Petak permainan engklek dapat dibuat di mana saja, bisa mengambar kotak-kotak di tanah atau lokasi bermain lainnya, jika main di rumah pemain dapat juga menggunakan petak ubin lantai. Para pemain akan menentukan urutan dengan melakukan suit untuk menentukan urutan bermain. Setelah urutan ditentukan, para pemain harus memilih sebuah batu untuk diletakkan di kotak terakhir, sebagai tanda mengawali permainan. Lalu setelah itu pemain harus meloncat dari satu kotak ke kotak lainnya dengan satu kaki.

 

  1. Petak Umpet

Petak umpet menjadi permainan yang sangat diminati oleh anak-anak. Permainan ini bisa dimainkan oleh dua orang bahkan lebih. Sebelum bermain, pemain harus menentukan siapa pemain yang harus berjaga dan bersembunyi. Pemain yang berjaga harus memejamkan mata dan menghitung dengan jumlah yang sudah ditentukan.

 

Bermain dapat memberikan manfaat bagi anak yaitu salah satunya memecahkan suatu masalah dengan baik, meningkatkan kreativitas, menambah wawasan, pengembangan diri, dan lain sebagainya. Bimbingan orang tua pastinya dibutuhkan agar anak tetap membatasi diri untuk bermain demi tidak terjerumus dalam tindakan yang tercela. (Kontributor, Alisya Rahma Saebani/ed.SF)

 

Referensi:

Amirul Nisa. 2021. 4 Permainan Tradisional yang Asik dan Seru, Bisa Dimainkan Bersama Keluarga Di rumah. Diambil dari bobo.grid.id: https://bobo.grid.id/read/082930621/4-permainan-tradisional-yang-asik-dan-seru-bisa-dimainkan-bersama-keluarga-di-rumah. Diakses 19 November 2021.

Opini Sobat Tgr Permainan Rumah Ular Naga Benteng Engklek Petak Umpet
Komentari Tulisan