Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Sisi Lain dari Permainan Tradisional

Minggu, 06 Februari 2022 ~ Oleh Dewa ayu n ~ Dilihat 617 Kali

Halo Sobat TGR!

Apakah Sobat TGR tahu? Bermain ternyata bukan hanya sekedar aktivitas yang menyenangkan, loh! Di balik serunya bermain, ternyata terdapat banyak manfaat untuk tubuh kita. Kali ini aku akan membahas bagaimana permainan tradisional berdampak baik bagi tumbuh kembang anak. 

 

  • Membangun Kerja Sama 

 

(Dokumentasi TGR Community, 2018)

 

Ketika bermain pemainan tradisional, seseorang akan membangun kerja sama dengan teman atau pemain lain. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan perkembangan emosional diri. Selain itu, permainan tradisional juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan menjalin hubungan lebih akrab dengan teman. Contohnya ketika bermain bakiak, pemain harus saling berkomunikasi untuk menentukan strategi langkah agar kompak dan tidak terjatuh. 

 

  • Membentuk Karakter Positif

 

(Dokumentasi TGR Community, 2018)

 

Setiap permainan tradisional memiliki sisi positif serta pelajaran yang dapat kita ambil di dalamnya. Contohnya, ketika bermain congklak anak diajarkan konsep dasar menabung dan berbagi. Selain itu, anak juga diperkenalkan dengan sportivitas agar bermain dengan jujur. Pelajaran tersebut dapat membentuk karakter diri anak menjadi positif dalam kehidupan sehari-hari 

 

  • Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

(Dokumentasi TGR Community, 2019)

 

Saat bermain terutama pada permainan kompetisi, secara tidak langsung anak belajar menyusun strategi supaya dapat memenangkan permainan. Contohnya ketika memainkan damdas atau catur jawa, anak akan menyusun strategi terbaiknya untuk menghadapi lawan. Ketika menghadapi sebuah masalah, anak akan terbiasa menyusun strategi dalam mencari solusi! Selain itu, pikiran akan menjadi lebih aktif sehingga membuat diri kita lebih cepat tanggap.

 

  • Mengasah Kreativitas 

 

(Dokumentasi Rajaenda, 2017)

 

Permainan tradisional mengajak kita untuk mengeksplorasi benda-benda yang ada di sekitar. Bahan-bahan dari alam dapat dibuat menjadi alat untuk bermain. Meski pun dengan alat yang terbatas, tidak menutup kemungkinan anak dan orangtua dapat berkreasi bersama untuk membuat hal-hal yang disukai. Sebagai contoh, kerjasama membuat mobil-mobilan dari kulit Jeruk Bali. 

 

Nah, sekarang Sobat TGR sudah tahu ‘kan, permainan tradisional itu banyak banget manfaatnya! Jadi, yuk kita sama-sama melestarikan permainan tradisional. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan ketika bermain! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (Kontributor, Dewa Ayu Nandya Jayantari/ed.AW)

Permainan Tradisional Traditional Games Returns Komunitas Mainan Jaman Dulu Manfaat Permainan Tradisional Adalah
Komentari Tulisan