Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Phantom Phone Alert, Berbahayakah bagi Anak?

Rabu, 25 Mei 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 165 Kali

Halo, Ayah dan Bunda!

Apakah Ayah Bunda pernah merasakan getaran ponsel seperti ada notifikasi masuk, tetapi setelah dicek tidak ada apa-apa di ponsel. Bisa jadi, Ayah Bunda sedang mengalami phantom phone alert. Apa sih phantom phone alert itu? Phantom phone alert merupakan suatu kondisi di mana seseorang merasakan getaran atau bunyi ponsel seolah-olah terdapat notifikasi masuk padahal kenyataannya tidak. Kondisi ini mungkin terdengar sebagai pengalaman yang lazim tetapi juga aneh. Sebagian besar dari kita mungkin pernah tiba-tiba membayangkan sebuah ponsel bergetar di saku kita padahal saat itu kita hanya diam saja. Kita mungkin juga pernah tiba-tiba mendengar dering ponsel tetapi kenyataannya saat itu ponsel kita tidak berbunyi sama sekali. Lalu, apakah phantom phone alert ini berbahaya, khususnya bagi anak-anak?

 

(Ilustrasi Carmen Murillo via iStockphoto.com, 2018)

 

Menurut Dr. Michelle Drouin, seorang profesor di Indiana University-Purdue University di Fort Wayne, Indiana, 89% mahasiswa dalam studinya telah mengalami phantom phone alert rata-rata setiap dua minggu. 1 dari 11 mahasiswa menyatakan fenomena ini mengganggu dan menyusahkan. Selanjutnya, disebutkan pula bahwa seseorang yang bereaksi lebih emosional dan lebih bergantung terhadap suatu pesan teks memiliki kemungkinan untuk lebih terganggu oleh phantom phone alert ini.

Permasalahan yang dapat disimpulkan dari penemuan di atas adalah bukan mengenai apakah seseorang secara sadar terganggu oleh phantom phone alert, melainkan otak mereka yang secara tidak sadar terganggu oleh fenomena ini. Menurut artikel karya Larry D. Rosen Ph.D. di laman Psychology Today, FOMO (fear of missing out) dan phantom phone alert memiliki isu yang sama, yakni orang-orang yang sekarang ini begitu diliputi kecemasan tentang dunia digital, khususnya yang melibatkan komunikasi, seperti pesan teks dan media sosial. Hal inilah yang dapat menyebabkan seseorang salah menafsirkan bunyi dan dering ponsel khayalannya sebagai notifikasi yang masuk ke ponsel mereka. Seperti yang kita ketahui, semua ini juga dapat meliputi tentang kecemasan yang menumpuk ketika seseorang terlalu kecanduan membuka media sosial.

 

(Ilustrasi Freepik)

 

Oleh karena itu, meskipun belum terdapat temuan mengenai bahaya signifikan phantom phone alert yang dirasakan secara langsung, kita tetap harus lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan ponsel. Terlebih lagi, bagi Ayah dan Bunda serta anak-anak yang sudah mulai merasakan fenomena phantom phone alert ini. Mulai perbanyaklah kegiatan positif yang dapat menghindarkan kita dari smartphone dan bimbinglah anak-anak agar dapat menggunakan smartphone dengan bijak.

Hak bermain anak-anak pun haruslah dipenuhi. Anak-anak berhak beristirahat yang bisa digunakan untuk bermain bersama teman sebaya, berkreasi bersama banyaknya permainan anak-anak, demi tercapainya pengembangan diri dan memiliki karakter positif. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah! (NOV/ed.NIU)

 

Referensi:

Hu, Elise. (2013, September 7). Phantom Phone Vibrations: So Common They’ve Changed Our Brains?. npr.org. Dikutip dari npr.org: https://www.npr.org/sections/alltechconsidered/2013/09/30/226820044/phantom-phone-vibrations-so-common-they-ve-changed-our-brains.

Sherburne, Morgan. (2017, January 24). Bad vibrations: Phantom phone alerts linked to cell phone dependency. Michigan News. Dikutip dari news.umich.edu: https://news.umich.edu/bad-vibrations-phantom-phone-alerts-linked-to-cell-phone-dependency/

Rosen, Larry. (2013, May 7). Phantom Pocket Vibration Syndrome. Psychology Today. Dikutip dari  psychologytoday.com:https://www.psychologytoday.com/intl/blog/rewired-the-psychology-technology/201305/phantom-pocket-vibration-syndrome

Stafford, Tom. (2013, July 2). Why you think your phone is vibrating when it is not. BBC.com. Dikutip dari  bbc.com: https://www.bbc.com/future/article/20130701-why-you-feel-phantom-phone-calls

 

Sumber Gambar:

CarmenMurillo. (2018). New message notification concept on smartphone screen in jeans pocket stock photo. Dikutip dari istockphoto: https://www.istockphoto.com/photo/new-message-notification-concept-on-smartphone-screen-in-jeans-pocket-gm902074398-248846173. Diakses pada 25 Mei 2022.

Freepik. (-). Fomo fear of missing out concept. Dikutip dari freepik: https://www.freepik.com/free-vector/fomo-fear-missing-out-concept_9978558.htm#query=FOMO&position=0&from_view=search. Diakses pada 25 Mei 2022.

Pvproductions. (-). A little girl, an elementary school student in sunglasses phoning, just talking, communication. Dikutip dari freepik.com: https://www.freepik.com/free-photo/little-girl-elementary-school-student-sunglasses-phoning-just-talking-communication_18160340.htm#page=4&query=children%20use%20phone&position=10&from_view=search. Diakses pada 25 Mei 2022.

#tgrparenting #phonealert #fomo
Komentari Tulisan