Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Bergembira Bersama Eximbank di RPTRA Mardani Asri

Senin, 22 Agustus 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 74 Kali

Jakarta Pusat, 21 Agustus 2022 - Traditional Games Returns (TGR) Community menggelar kegiatan bermain bersama secara luring di RPTRA Mardani Asri, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada hari Minggu, 21 Agustus 2022. Kegiatan ini didukung oleh pengelola RPTRA dan Indonesia Eximbank atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, yang memberikan bakti sosial dengan ikut kegiatan TGR kali ini.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB, dengan peserta kegiatan sekitar 60 orang. Usai registrasi, para peserta kegiatan, baik anak-anak, remaja dan orang dewasa, diarahkan menuju lapangan dan mulai bermain Cing Ciripit, ice breaking melatih konsentrasi, membagi peserta menjadi beberapa kelompok, dan bermain ampar-ampar pisang. Di tengah meriahnya aktivitas, hujan mulai turun sehingga panitia segera mengimbau seluruh peserta berteduh dan kegiatan bergeser ke dalam aula RPTRA Mardani Asri.

   

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Sebelum lanjut bermain, kegiatan diselingi dengan sambutan dari Kasi Kesra Lurah Mardani, Ibu Diana. Dalam sambutannya, beliau memberikan semangat kepada anak-anak peserta kegiatan, agar jangan hanya menghabiskan waktu untuk bermain gawai tapi juga berkunjung ke RPTRA untuk bermain permainan tradisional dan bergembira bersama teman-teman. Ada pula pengantar kegiatan dari Mas Anggi dari Eximbank, yang menyampaikan bahwa program kolaborasi dengan TGR ini sekaligus merupakan wujud rasa syukur ulang tahun ke-13 lembaga tersebut. Mas Anggi juga menyampaikan bentuk bakti sosial ini berupa pembagian paket permainan tradisional gratis untuk anak-anak di RPTRA, memberi donasi mainan tradisional ke RPTRA dan ikut berkegiatan bersama. Usai sambutan-sambutan, pemberian hadiah berupa paket permainan tradisional (bakiak, rangku alu dan mainan lainnya) untuk RPTRA diberikan secara simbolis oleh TGR dan pihak Eximbank dan foto bersama.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Agenda berikutnya adalah main berkelompok, Tak Umpet card game, congklak, damdas, balap jajar, bakiak, egrang bambu egrang batok, balap karung, lari balok, jejak langkah, ular tangga raksasa, dampu gasing, dan lain-lainnya. Menjelang pukul 17.00 WIB, saat hujan telah berhenti semua peserta menghambur ke lapangan kembali untuk mengikuti puncak kegiatan berupa main tarik tambang. Ada pula kuis kebangsaan, karena masih dalam suasana HUT Kemerdekaan RI ke-77. Kuis tersebut berupa tebak-tebakan lambang Pancasila dan menyebutkan nama-nama permainan tradisional.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Pada akhir kegiatan, semua peserta membentuk lingkaran besar dan bersama-sama menyanyikan lagu 'ular naga panjang'. Lalu, anak-anak peserta berbaris rapi dan panitia membagikan satu buah gasing untuk masing-masing anak. Pihak Eximbank mengucapkan terima kasih pada TGR dan memberikan semangat supaya terus menggelar sustainable activity seperti ini. Para pengelola RPTRA juga sangat senang dengan kehadiran TGR, sebab banyak mainan dan permainan tradisional yang dimainkan. Harapannya, semua donasi permainan tradisional akan berguna buat RPTRA dapat dimainkan terus. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (SF)

Tgr Jalan-jalan Permainan Tradisional Rptra Exim Bank
Komentari Tulisan