Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Asyiknya Bermain Permainan Tradisional di Community Fair Binus School Simprug

Jum'at, 02 September 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 38 Kali

Jakarta Selatan, 31 Agustus 2022 - TGR Community kembali diundang dalam kegiatan tahunan Community Fair yang berlokasi di Binus School Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Meski sempat vakum selama pandemi berlangsung, ini adalah kali ketiga TGR Community menerima kesempatan sekaligus hadir sebagai partisipan kegiatan.

Tim TGR yang berjumlah delapan orang hadir di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB dan langsung mempersiapkan stand yang disediakan panitia. Tidak lama, kegiatan dibuka dengan ceremony kelas XII dan sambutan-sambutan dari para guru. Seluruh kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa dari berbagai jenjang pendidikan di Binus School Simprug.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Setelah ceremony, Tim TGR diarahkan untuk memberikan pemaparan presentasi kepada murid grade VII tentang permainan tradisional. Diwakili oleh Kak Anthes, TGR memberi penjelasan tentang gasing, lompat karet, dan congklak. Antusiasme peserta yang tinggi dari peserta mengiringi trial atau menjajal bermain permainan-permainan tersebut. Booth TGR yang berada di tengah aula kegiatan sempat menjadi pusat perhatian, dengan tiga permainan yang menjadi favorit para peserta yaitu gasing, damdas, dan Surakarta Board Game. Selain itu, Tim TGR juga membawa egrang, congklak, engklek, tali karet, dan ular tangga raksasa.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Para peserta yang hadir diberikan jadwal bergantian untuk mengunjungi kegiatan Community Fair. Meski hampir tidak ada waktu untuk rehat, namun semua yg hadir memberikan antusiasme yang tinggi untuk bertanya cara bermain tanpa rasa canggung. Tantangan dari Tim TGR sendiri adalah menjelaskan dalam bahasa Inggris tentang berbagai mainan dan permainan yang dibawa kepada siswa-siswa internasional yang belum sama sekali mengenal permainan tradisional khas Indonesia. Kendati demikian, mereka tetap mencoba bermain dengan suka ria dan canda tawa. Selama kegiatan pula, TGR menjajakan beberapa jenis permainan. Banyak mainan yg laku dibeli adalah gasing, dan mainan bunyi-bunyian. Kegiatan berakhir sekitar pukul 14.30 WIB dan ditutup oleh pihak Binus School Simprug. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (SF/ed.AW)

Tgr Jalan-jalan Binus School Simprug Community Fair
Komentari Tulisan