Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Permainan Ayunan dan Berbagai Jenisnya

Jum'at, 23 September 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 171 Kali

Halo Sobat TGR! Di tengah-tengah fenomena anak kecil zaman sekarang yang sudah mulai melupakan kegiatan main di luar, permainan ayunan menjadi salah satu permainan yang masih cukup banyak ditemukan di tempat umum dan dimainkan anak-anak. Bersamaan dengan jungkat-jungkit dan perosotan, ketiga permainan ini masih sering ditemukan di taman bermain, sekolah PAUD dan TK, dan di daerah outdoor lainnya. Beberapa bahkan memilikinya secara pribadi di rumah masing-masing. Ayunan sendiri merupakan permainan yang sangat sederhana, sebuah permainan yang menonjolkan keahlian dalam menjaga keseimbangan dan kekuatan kaki. 

Di seluruh dunia sendiri dikenal berbagai jenis ayunan.

1. Ayunan ban

(Dokumentasi istockphoto via bobvila, 2021)

Ayunan ini terbuat dari ban bekas yang digantung di pohon menggunakan tali. Ban bisa dipasang secara vertikal maupun horizontal. Ban yang dipasang secara horizontal biasanya lebih nyaman untuk dinaiki dibandingkan ban yang dipasang secara vertikal. Ayunan ban ini sudah jarang ditemukan di sekolah atau taman bermain dikarenakan kemungkinan cedera atau jatuh yang cukup tinggi.

 

2. Ayunan alami

 

(Dokumentasi Oketravel, 2018)

 

Beberapa tumbuhan yang memiliki jenis akar gantung dan cukup kuat dapat digunakan ayunan. Beberapa ada yang menggunakan papan kayu untuk tempat duduk, akan tetapi beberapa benar-benar hanya menggunakan akar pohon. Ayunan alami ini banyak ditemukan di daerah dengan pohon berakar gantung yang cukup besar.

 

3. Ayunan tali

  (Dokumentasi Sidhisoradej via freepik)

 

Ayunan tali barangkali menjadi ayunan yang paling umum ditemukan di rumah-rumah karena ayunan jenis ini merupakan jenis ayunan yang paling mudah dibuat. Untuk membuat ayunan tali hanya memerlukan pohon yang cukup kuat, tali, dan papan. 

 

4. Ayunan berhadapan

 

(Dokumentasi kurcacipendidikan, 2018)

 

Ayunan berhadapan ini masih sering terlihat di area bermain anak. Ayunan jenis ini terbuat dari bahan logam besi. Saat bermain ayunan secara berhadap-hadapan, anak-anak bisa saling bercengkerama secara berhadapan sambil bermain.

 

5. Ayunan besi

 

(Dokumentasi pxhere)

 

Ayunan besi menjadi ayunan yang paling banyak ditemukan di sekolah maupun area bermain anak. Ayunan biasanya dipasang secara set agar anak-anak dapat bermain secara bersama. Di berbagai tempat masih ditemukan ayunan dengan lubang kaki di tempat duduknya. Ayunan seperti ini diperuntukkan untuk batita agar tidak jatuh saat diayun.

 

Selain untuk bermain, ayunan di zaman sekarang juga sudah memiliki berbagai jenis fungsi lain. Beberapa perabotan rumah tangga memiliki desain yang menyerupai ayunan. Perabotan ini biasanya diletakan di teras untuk bersantai. Tempat tidur bayi pun banyak yang memiliki desain seperti sebuah ayunan agar si bayi dapat tidur dengan nyenyak. Tidak hanya bayi sebenarnya, di beberapa tempat tertentu juga banyak ditemukan hammock atau buaian, sebuah tempat tidur gantung di mana ujung-ujung diikat ke pohon atau benda lainnya.

 

Sobat TGR sekalian pasti sudah pernah mencoba minimal dua dari jenis-jenis ayunan di atas, bukan? Ayunan-ayunan tersebut masih banyak di temukan di berbagai tempat dan bukan hal yang memalukan juga untuk orang dewasa memainkannya. Maka dari itu, Lupakan Gadget-mu, Ayo Main di Luar! (AZZ/ed.NIU)

 

Referensi:

Hernawan, B. (2019). Meisjesspelen: Permainan Anak-Anak Perempuan. Jakarta: Perpusnas Press.

Rosalina, D. (2019). 7 Permainan di Playground Ini Dukung Gerak Motorik dan Sensorik Balita. Dikutip dari https://kumparan.com/kumparanmom/7-permainan-di-playground-ini-dukung-gerak-motorik-dan-sensorik-balita-1sCVzeQdqKn/full Diakses pada 21 September 2022.

Trautner, T. (2018). Just a swinging, sliding and climbing!. Michigan State University Extension. Dikutip dari https://www.canr.msu.edu/news/just-a-swinging-sliding-and-climbing Diakses pada 21 September 2022.

 

Sumber Gambar:

Afifullah, I. (2018). 7 Hal unik 'Pohon Buah' masa kecil ini bikin kangen kampung halaman. Dikutip dari levitrares: https://levitrares.com/host-https-www.idntimes.com/hype/throwback/iip-afifullah/7-hal-unik-pohon-buah-masa-kecil-ini-bikin-kangen-kampung-halaman-c1c2. Diakses pada 23 September 2022.

Anonim. (2021). Alat Permainan Edukatif PAUD Outdoor. Dikutip dari kurcacipendidikan: https://kurcacipendidikan.my.id/alat-permainan-edukatif-paud-outdoor/. Diakses pada 23 September 2022.

Grimmett, L. (2021). How to: make a tire swing. Dikutip dari bobvila: https://www.bobvila.com/articles/2499-how-to-make-a-tire-swing/. Diakses pada 23 September 2022.

Sidhisoradej, W. (-). Woodeng swing hang under tree on beach at koh phak bia island krabi thailand. Dikutip dari freepik: https://www.freepik.com/free-photo/wooden-swing-hang-tree-beach-koh-phak-bia-island-krabi-thailand_28031407.htm#query=swing&position=18&from_view=search. Diakses pada 23 September 2022.

Tonapa, J. (2018). Serunya gelayutan pada akar pohon alami di Tana Toraja. Dikutip dari oketravel: https://travel.okezone.com/read/2018/06/03/406/1905999/serunya-gelayutan-pada-akar-pohon-alami-di-tana-toraja. Diakses pada 23 September 2022.

https://pxhere.com/en/photo/734917

 

 

 

#permainantradisional #ayunan
Komentari Tulisan