Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Melatih Kreativitas Anak dengan Kulit Jeruk Bali

Minggu, 24 Juli 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 128 Kali

Halo Ayah Bunda!

Kita semua setuju bahwa masa anak-anak adalah masa yang menyenangkan. Salah satu hal yang membuat masa anak-anak penuh dengan kesenangan adalah karena anak memiliki banyak waktu untuk bermain. Kegiatan bermain bagi anak-anak memiliki manfaat yang lebih dari sekedar bersenang-senang. Kegiatan bermain bisa juga digunakan untuk menunjang proses tumbuh dan berkembang anak-anak. Ketika bermain anak akan merasa senang, nyaman, aman, tidak takut salah, mengembangkan rasa ingin tahu, aktif bergerak, dan banyak terlibat. Selain itu, dengan bermain anak juga dapat memperoleh kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya.

Ketika bermain, anak seringkali membutuhkan mainan. Mainan bisa dengan mudah kita jumpai di toko-toko dan ada banyak sekali jenisnya. Namun, tahukah Ayah Bunda bahwa mainan yang diberikan pada anak-anak tidaklah harus produk jadi yang sudah ada di toko dan mahal. Anak-anak bisa membuat mainan milik mereka sendiri, lho. Wah, hebat kan.

 

(Dokumentasi Marianti dan Pemita via indozone.id, 2020)

 

Salah satu bahan yang bisa disulap menjadi mainan kreatif oleh anak-anak adalah jeruk bali. Jeruk bali adalah salah satu jenis jeruk dengan ciri fisik berukuran lebih besar dari jeruk yang biasa kita temui. Jeruk ini bisa sebesar buah melon dan memiliki kulit yang tebal. Kulitnya dapat dimanfaatkan kembali untuk dibuat mainan sederhana, seperti mobil-mobilan, perahu-perahuan dan banyak lagi. Bermain kulit jeruk dapat memengaruhi perkembangan kemampuan kreativitas pada anak (Asri, dkk., 2019). Melalui bermain dengan kulit jeruk, anak bisa berkreasi sesuai dengan idenya sendiri. Hal ini tentunya dapat mengembangkan kreativitas anak. Tidak hanya bagus untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kesenangan, tetapi juga mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya cinta dan interaksi dengan alam serta tentang zero waste lifestyle.

 

(Dokumentasi Gabriella via theurbanmama, 2010)

 

Dalam permainan yang kreatif, anak-anak dirangsang daya cipta dan daya imajinasinya. Mereka difasilitasi dan didorong untuk berkarya, menciptakan sesuatu maupun mengusulkan sesuatu. Membuat suatu karya kreatif dapat merangsang perkembangan motorik halus dan kognitif anak. Setiap anak bebas mengekspresikan kreativitasnya, sehingga kita akan memperoleh hasil yang berbeda antara satu anak dengan anak lainnya.

Salah satu permainan yang bisa dibentuk dari kulit jeruk bali adalah mobil-mobilan. Yuk, mari kita simak cara membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk bali!

(Dokumentasi Dwiita via peakd.com, 2020)

 

Tentunya hal pertama yang perlu Ayah Bunda siapkan adalah kulit jeruk bali yang sudah dikupas. Selanjutnya, potong-potong kulit jeruk bali menjadi beberapa bagian yang diinginkan untuk membentuk roda, atap, alas dan bagian samping mobil. Kemudian, sambung setiap bagian menggunakan tusuk sate dan pasang benang atau tali untuk menarik mobil-mobilan. Terakhir, mobil-mobilan dari kulit jeruk bali siap untuk dimainkan.

 

(Dokumentasi Dwiita via peakd.com, 2020)

Cara membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk bali mudah, bukan? Yuk, segera ajak anak Ayah Bunda untuk membuat suatu mainan dari kulit jeruk bali. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar. (INK/ed.NIU)

 

 

Referensi:

Asri, S., dkk. Efektivitas Bermain Kulit Jeruk Bali terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-Kanak Kasih Ibu Pasaman Timur. Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 4 (1), 41-48. DIkutip dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/6155.

Fatimaningrum, A.S. (tanpa tahun). Kajian Psikologis dalam Pemilihan Permainan Kreatif yang Merangsang Perkembangan Anak Usia Dini. Dikutip dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319973/penelitian/Tots+Educare_Kajian+Psikologis+Permainan+Kreatif.pdf

 

Sumber Gambar:

Anonim. (2013). Mobil-mobilan dari kulit jeruk bali. Dikutip dari chemember: https://chemember.wordpress.com/2013/11/06/mobil-mobilan-dari-kulit-jeruk-bali/

Dwiita. (2020). Amazing Health Benefits From Pomelo & Making Craft Toys From Pomelo Skin. Dikutip dari  peakd:https://peakd.com/hive-148441/@dwiitavita/handcraft-making-car-toys-from-pomelo-skin diakses pada 28 Juli 2022

Gabriella. (2010). Mobil-mobilan dari kulit jeruk bali. Dikutip dari theurbanmama: https://theurbanmama.com/articles/mobil-mobilan-dari-kulit-jeruk-bali.html

Marianti, Y., dan Pemita, D. (2020). Jangan Dibuang, Kulit Jeruk Bali Ternyata Punya Banyak Manfaat. Indozone. Dikutip dari https://www.indozone.id/beauty/M7sPVY/jangan-dibuang-kulit-jeruk-bali-ternyata-punya-banyak-manfaat/read-all.

 

 

 

#tgrparenting #permainantradisional #jerukbali
Komentari Tulisan