Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Festival Permainan Tradisional Jawa Barat SDIT Citra Nuansa

Jum'at, 21 Oktober 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 106 Kali

Cileungsi, 19 Oktober 2022 - Traditional Games Returns (TGR) mendapat kesempatan kolaborasi kembali bersama SDIT Citra Nuansa dalam Festival Permainan Tradisional Jawa Barat 2022. Peserta festival ini terdiri dari 41 siswa/i kelas 2 SD dan 78 siswa/i kelas 5 SD. Permainan dibagi ke dalam dua sesi. 

 

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Festival ini dimulai dengan pengenalan ragam permainan tradisional yang disampaikan oleh Kak Anthesianz. Mulai dari makna hompimpa, tari cublak-cublak suweng, demo permainan cingciripit dan diakhiri dengan tebak permainan tradisional. Kemudian, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan didampingi Bapak/Ibu guru. 

 

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Masing-masing kelompok mengunjungi tiap pos permainan yang terdiri dari congklak, ular tangga, lari balok, egrang batok, balap karung, dampu bulan, lompat karet, damdas, gasing dan jejak elastis. Setiap 10 menit sekali mereka bergantian pindah ke masing-masing pos.

 

Ibu Nadya selaku guru kelas 2 menyatakan senang sekali dapat mengundang TGR untuk kedua kalinya. Menurut beliau, TGR dapat membawa keceriaan dan edukasi bermain sambil belajar. Selain itu, permainan tradisional dapat memicu anak agar lebih kreatif dan mandiri. 

 

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Afifah, salah satu relawan yang kali pertama bergabung dalam kegiatan TGR, mengaku sangat senang melihat keceriaan anak-anak saat memainkan permainan masa kecilnya. Kemudian, menjadi fasilitator bermain TGR sangat menggembirakan karena dirinya sangat menyukai interaksi dengan anak-anak. Afifah berharap anak Indonesia dapat meneruskan dan melestarikan permainan tradisional agar tidak tergerus perkembangan zaman. 

 

 

Sobat TGR ingin mengajak TGR berkolaborasi? Mudah kok, Sobat dapat mengisi formulir dan menyetujui persyaratan yang tersedia di formulir ini. Untuk Sobat yang ingin terlibat langsung menjadi fasilitator bermain dapat menghubungi tim TGR melalui pesan instagram @tgrcampaign atau email ke [email protected], kami tunggu ya. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (AW/ ed. NIU)

#permainantradisional #tgrjalanjalan
Komentari Tulisan