Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Keseruan Bermain Permainan Tradisional dalam Pekan Seni dan Olahraga Rawasari

Rabu, 09 Nopember 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 77 Kali

Halo Sobat! Pada Sabtu 29 Oktober 2022 yang lalu, TGR menjadi bagian dari semarak Pekan Olahraga dan Seni yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Rawasari loh. Kegiatan ini diadakan di sekitar jalanan SMP 118 Jakarta dan dimeriahkan oleh berbagai UMKM dan organisasi masyarakat. Acara pada tanggal 29 Oktober tersebut merupakan puncak acara dari serangkaian acara yang telah dilakukan sebelumnya.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Pada saat acara baru dimulai, Tim TGR disibukkan dengan mempersiapkan gerai jualan serta area bermain di sekitar gerai. Seiring dengan berjalannya acara, pengunjung mulai mendatangi gerai TGR dan tidak sedikit yang membeli berbagai jenis permainan tradisional yang dijual. Beberapa orangtua membeli mainan dengan inisiatif mereka sendiri, untuk dimainkan bersama anak mereka sembari bernostalgia. Beberapa juga ada yang membeli mainan karena anaknya menginginkan mainan yang di minati setelah mencoba permainan yang disediakan di sekitar gerai.

Anak-anak sangat antusias saat memainkan beberapa permainan tradisional. Adapun permainan tradisional yang disediakan oleh Tim TGR yaitu, gasing, engklek, ular tangga, congklak, dan egrang. Selama acara berlangsung gasing  menjadi permainan favorit anak-anak karena permainan tersebut selalu ramai dimainkan baik oleh anak laki-laki maupun perempuan. Di kesempatan kali ini juga, untuk pertama kalinya Tim TGR memperkenalkan salah satu permainan tradisional asal Kalimantan Timur bernama balogo. Meskipun baru diperkenalkan, balogo cukup menarik banyak perhatian anak-anak karena permainan ini cenderung memacu rasa kompetitif pada anak.

   

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Di pertengahan acara Tim TGR diberi kesempatan untuk bermain bersama-sama dengan anak-anak. Anak-anak yang diajak bermain sebagian besar merupakan anak-anak yang sebelumnya ikut memeriahkan acara dengan menjadi penampil tarian tradisional. Di sesi bermain ini, Tim TGR lebih menyiapkan permainan yang bisa dimainkan secara beregu dan beramai-ramai. Permainan dimulai dengan bermain cing ciripit dengan formasi melingkar. Selain itu, ada juga permainan ular naga dan kotak pos. Peserta kali ini merupakan anak-anak usia yang cukup dini sekitar kurang lebih lima tahun, sehingga mereka cenderung merasa sangat baru akan permainan yang disiapkan. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa mereka merasa senang dan bahagia karena dapat bermain dan tertawa bersama.

   

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Sebelum acara berakhir, Tim TGR kembali diberi kesempatan untuk bermain bersama, hanya saja kali ini pesertanya bukan hanya anak kecil melainkan juga para orangtua dan orang dewasa. Permainan-permainan kali ini lebih memusatkan pada kegiatan fisik seperti tarik tambang dan lomba bakiak. Mulanya memang anak-anak yang lebih berapi-api untuk bermain dan bersaing. Namun saat orangtua dan orang dewasa disoraki untuk ikut bermain, mereka pun akhirnya setuju untuk ikut bermain. Suasana sempat menjadi lebih pecah karena gurau ibu-ibu yang menggelegar.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Acara berakhir saat asar juga berakhir. Saat Tim TGR sibuk merapikan gerai dan bersiap pulang, anak-anak masih ada yang betah bermain, bahkan beberapa ada yang berkata akan bermain sampai malam tanpa mengetahui bahwa Tim TGR harus segera pulang. Permainan tradisional memang tidak pernah membosankan untuk dimainkan, maka dari itu Lupakan Gadget-mu, Ayo Main di Luar! (AZZ/Ed.AAA)

 

#pekansenidanolahraga #pekansenidanolahragarawasari Permainan Tradisional Gasing #balogo
Komentari Tulisan