Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Rumah!

Serunya Bermain Ketapel Sambil Belajar Fisika

Minggu, 09 Oktober 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 59 Kali

Halo Sobat TGR!

 

Anak-anak memang kaya dengan imajinasi, di antaranya ketika mereka bermain perang-perangan, berpura-pura menjadi penembak jitu yang menjatuhkan mangga dari pohonnya atau menjatuhkan sarang lebah di langit-langit rumah tetangga. Sekarang, coba sobat TGR tebak, alat permainan apa yang sering dipakai anak-anak untuk berpura-pura menjadi penembak jitu? Ya, apalagi kalau bukan ketapel.

Ketapel memang permainan tradisional yang banyak digemari anak-anak, biasanya mayoritas penggemar ketapel adalah anak laki-laki tetapi tidak menutup kemungkinan ada anak perempuan yang memainkannya juga. Ketapel dimainkan tidak hanya di Indonesia, tetapi di luar negeri juga, bahkan di seluruh dunia. Ketapel telah dibuat dengan bentuk dan sentuhan yang lebih modern dan seni yang unik.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Bagaimana awal mula ketapel digunakan?

Ketapel merupakan alat yang pertama kali digunakan sekitar 400 SM di Yunani dan Cina. Dulu, ketapel digunakan sebagai senjata untuk melontarkan batu, panah, dan proyektil lainnya melawan musuh. Berabad-abad setelah kemunculan pertama mereka, ketapel yang lebih besar dan lebih besar dibentuk. Seiring waktu, ketapel dibuat sangat besar sehingga menjadi terlalu sulit untuk digunakan, dan akhirnya tidak lagi digunakan. Namun, konsep dasar yang digunakan dalam kerja ketapel masih digunakan setiap hari, termasuk digunakan sebagai permainan anak-anak.

Ketapel sendiri memiliki tiga bagian, yaitu pegangan, pegas karet, dan alas. Di Indonesia, ketapel biasa digunakan sebagai senjata untuk berburu binatang kecil seperti capung atau burung kecil. Butiran yang digunakan biasanya berupa batu-batuan kecil atau benda-benda kecil lainnya. Teman-teman tahukah bahwa ketapel yang cukup sederhana ini bekerja dengan konsep fisika? Mari kita pelajari bersama hukum fisika sederhana yang terjadi dalam proses bermain ketapel.

 

Apa saja hukum fisika yang berlaku dalam permainan ketapel?

 

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Hukum 1 Newton - Hukum Inersia

Hukum 1 Newton cukup mudah diingat dan dipahami. Hukum pertamanya mengatakan: "Sebuah benda yang diam akan tetap diam, dan sebuah benda yang bergerak akan tetap bergerak, kecuali berhenti atau bergerak oleh gaya luar". Berikut adalah contoh yang akan menjelaskan hukum ini dengan lebih baik. Bayangkan kamu sedang bermain ketapel. Jika tidak ada yang menarik pegas, baik pegas maupun peluru di ketapel itu tidak akan bergerak. Lalu kamu menarik pegas dan melontarkan peluru terbang ke udara, kamu mungkin berpikir bahwa tidak ada apa pun di langit yang dapat menghentikan peluru tersebut. Namun, nyatanya ada gravitasi dan ada hambatan udara. Gravitasi membantu menarik peluru ke bawah dan hambatan udara memperlambat peluru. Jadi, begitulah hukum 1 Newton! Mari kita beralih ke hukum berikutnya.

 

Hukum ke-2 Newton - Hukum Gerak

Hukum ke-2 agak mudah dimengerti. Hukum ke-2 mengatakan: "Jika objek memiliki lebih banyak massa, kamu akan membutuhkan lebih banyak gaya ke dalamnya sehingga dapat mempercepatnya." Berikut adalah contoh untuk kamu supaya memahami ini dengan lebih baik. Misalnya, kamu mencoba bermain ketapel dengan peluru yang lebih besar, tentu kamu akan membutuhkan lebih banyak tenaga untuk menarik pegas dan meluncurkannya. Berbeda dengan ketika kamu bermain ketapel dengan peluru yang lebih kecil, maka tenaga yang dibutuhkan untuk menarik pegas dan melontarkan peluru juga lebih kecil. Peluru dengan massa yang lebih kecil akan lebih mudah dilontarkan dan bergerak lebih jauh.

 

Hukum ke-3 Newton

Hukum 3 Newton menyatakan "Untuk setiap aksi ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah". Apakah kamu tahu apa artinya ini? Artinya jika suatu benda mendorong benda yang lain, maka benda tersebut akan terdorong kembali ke arah yang berlawanan. Berikut adalah contoh untuk kamu bisa lebih mudah memahaminya. Misalnya, ketika kamu bermain ketapel aksinya adalah ketika kamu menarik pegas yang berisi peluru ke belakang dan reaksinya adalah ketika peluru terbang ke arah yang sebaliknya, yaitu ke depan.

Wah! Menarik sekali kan teman-teman? Kita bisa bermain dan belajar fisika secara bersamaan. Setelah mengetahui informasi ini, yuk, kita amati hal-hal lainnya di sekitar kita. Mana saja yang menggunakan hukum 1, 2 atau 3 Newton? Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (INK/ed.NIU)

 

Referensi:

Aji, S. (2020). Mengenal hukum 3 Newton: Aksi=Reaksi|Fisika Kelas 10. Dikutip dari https://www.ruangguru.com/blog/mengenal-hukum-3-newton-aksi-reaksi.

Octavia, B. (2022). Materi lengkap dan contoh soal hukum Newton 1, 2, 3. Dikutip dari https://www.zenius.net/blog/materi-hukum-newton-12-dan-3-beserta-contoh-soalnya.

 

Sumber Gambar:

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/24/Permainan_tradisional_ketapel.jpg

#permainantradisional #ketapel #fisika
Komentari Tulisan