Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Bagaimana Dampak Kemajuan Teknologi pada Permainan Tradisional

Kamis, 15 Desember 2022 ~ Oleh Mela Hidayah Soleh Putri ~ Dilihat 549 Kali

Halo sobat TGR!

Kita semua tahu bahwa semua aktivitas mempunyai dampaknya masing masing, termasuk juga dalam dampak kemajuan teknologi pada permainan tradisional. Permainan tradisional ini dilaksanakan secara tatap muka atau langsung bukan menggunakan ponsel dan juga alat elektronik canggih lainnya.

Seperti yang kita ketahui pada kebanyakan kasus-kasus di zaman kita sekarang, anak-anak banyak sekali menggunakan ponsel sebagai alat bermainnya, baik itu bermain permainan seperti PUBG, Mobile Legend ataupun yang lain. Yang pasti, anak-anak lebih tertarik kepada permainan yang ada di dalam ponsel sekarang, apalagi banyak orang yang berpikir, "Bermain ponsel lebih kekinian daripada permainan jaman dahulu," sehingga memunculkan statement yang jelas-jelas salah.

 

Banyak sekali dampak positif yang bisa anak-anak dapatkan dari bermain permainan tradisional ini secara langsung ini. Namun sayang sekali, permainan tradisional kita mulai surut akibat perkembangan teknologi dan juga zaman ini. Yang mana anak-anak lebih banyak memilih untuk bermain menggunakan ponsel daripada bermain permainan tradisional secara langsung atau tatap muka.

Jika kita perhatikan anak-anak yang bermain secara langsung dan memainkan permainan tradisional bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama anak-anak tersebut jika permainan tersebut berbentuk kelompok, mereka bisa lebih mengenal satu sama lain dan itu bisa mempererat tali pertemanan di antara mereka.

 

Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus mempunyai inisiatif serta mempunyai keinginan untuk membuat permainan tradisional ini menjadi banyak diminati kembali oleh anak-anak, jika bukan kita lalu siapa lagi? Sudah tugas kita untuk melestarikan dan juga mengembangkan permainan tradisional. (Kontributor, Mela Hidayah Soleh Putri/ed.SF)

Opini Sobat Tgr
Komentari Tulisan