Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Bermain Permainan Tradisional Daur Ulang di Silaturahim Akbar Indonesia Mendongeng Ke-9

Senin, 26 Desember 2022 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 237 Kali

Jakarta, 25 Desember 2022 - TGR Community bersama Relawan Nusantara Jakarta Timur menggelar kegiatan Indonesia Mendongeng ke-9 di pelataran Masjid Amir Hamzah, Kawasan Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat. Ajang silaturahim akbar santri TPQ se-Indonesia ini diselenggarakan serentak di 37 titik yang tersebar di 10 kota bertajuk "Santri Jaga Alam, Iman dan Islam". Sebanyak 55 anak berpartipasi dalam kegiatan cinta lingkungan ini.

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Kegiatan dimulai dengan doa bersama dan tilawah Al-Qur'an dengan dilanjutkan sesi mendongeng yang diselipkan trik sulap menarik. Anak-anak dengan ceria menyaksikan aksi Kak Hendra, sang pendongeng sekaligus pesulap saat itu. Dilanjutkan dengan praktik membuat prakarya berupa boneka dari kaus kaki yang dihias dengan beragam pernak-pernik lucu.

Menurut Azizah (9), ini kali pertamanya membuat boneka sendiri, meskipun sedikit sulit tapi Azizah berhasil menyelesaikan karya kreatifnya bersama teman-teman lain. Ketika azan zuhur berkumandang, seluruh peserta dan pendamping menuju masjid untuk sholat berjamaah. Setelah salat dan beristirahat, kegiatan dilanjutkan dengan bermain bersama.

Kak Nina, perwakilan Traditional Games Returns hadir menyapa para peserta dengan membawakan layang-layang, permainan motorik kasar favorit anak-anak. Kak Nina mendemonstrasikan cara membuat layang-layang sambil bernyanyi bersama. Membuat layang-layang dapat dilakukan dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar kita seperti benang jahit, gunting, kertas koran bekas dan bambu. Para peserta kemudian diajak menghias layang-layang dengan tema "Layangkan Cita-citamu Setinggi Langit". Dalam lukisan tersebut anak-anak menggambarkan cita-citanya di masa depan.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

"Alif senang sekali menghias layangan bersama teman-teman, apalagi bisa langsung memainkannya bersama," ujar salah satu peserta yang bersemangat menerbangkan layang-layangnya. Keceriaan sore itu belum usai, karena masih ada sesi bermain permainan tradisional. Para peserta berkumpul untuk mencoba permainan pengasah ketangkasan seperti lompat karet, congklak, balap bakiak, balap karung, telepon kaleng dan lainnya.

"Permainan tradisional sangat cocok dimainkan oleh anak-anak agar mereka tidak selalu fokus dengan gadget-nya. Padahal Indonesia punya banyak sekali permainan, jadi sudah sepantasnya kita yang merawat budaya ini agar tidak hilang", ungkap Kak Yoga, pendongeng sekaligus pemandu kegiatan Indonesia Mendongeng. Akhirnya, kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize, santunan dan foto bersama.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2022)

 

Semoga, kegiatan kali ini dapat menumbuhkan semangat belajar yang baru bagi anak-anak dan mempererat silaturahmi satu sama lain. Sobat TGR juga bisa mengajak kami bermain bersama dengan mengisi formulir ini. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (AW/ed.SF)

Tgr Jalan-jalan Silaturahim Akbar Indonesia Mendongeng Relawan Nusantara
Komentari Tulisan