Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

#LayangkanCita, Kampanye Daring TGR Merayakan Momentum Hari Layang-Layang Internasional

Minggu, 15 Januari 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 421 Kali

Halo Sobat TGR!

Tahukah Sobat, tanggal 14 Januari diperingati sebagai Hari Layang-Layang Internasional? Terlebih, layang-layang adalah salah satu kebudayaan dan permainan dari Nusantara lho! Faktanya, layangan merupakan warisan asli Indonesia dengan ditemukan bukti lukisannya pertama kali di Goa Muna, Sulawesi yang ada sejak 4000 tahun Sebelum Masehi.

Awal mula Hari Layang-Layang Internasional diadakan pada tahun 1989 di Gujarat, India dalam rangka Festival Uttarayan. Festival itu berfungsi sebagai pemberitahuan akan datangnya musim panen bagi para kelompok tani di sana. Tak hanya di India saja, berbagai negara lainnya juga memperingati peringatan tahunan tersebut dengan bermacam keunikan dan tak kalah seru. Di Indonesia sendiri, selain berfungsi sebagai permainan layang-layang juga berfungsi sebagai sarana kreasi dan olahraga. Sejumlah festival yang terkenal di Indonesia adalah Festival Layangan Internasional Padang Galak di Sanur, Festival Layangan Pantai Mertasari dan Festival Layangan Tanah Lot yang keseluruhannya diadakan di Pulau Bali.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Dalam momen Hari Layang-Layang Internasional ini, TGR Community mengadakan kampanye bertajuk #LayangkanCita pada tanggal 2-14 Januari 2023. Kampanye ini berlangsung secara daring dan puncaknya via online meeting Zoom dan livestreaming YouTube dalam kegiatan bertajuk Farewell dan Awarding Relawan #LayangkanCita.

“Tujuannya tentu untuk merayakan Hari Layang-Layang Internasional. Di lain sisi, senada dengan visi TGR yaitu untuk mengembalikan antusiasme anak-anak memainkan kembali permainan tradisional. Kegiatan ini juga turut mengajak banyak pihak untuk ikut andil bermain di luar,” ujar Dian, salah satu tim Program TGR pada rangkaian sambutan pembukaan kegiatan daring tersebut.

Berbagai kegiatan seru dan mengasyikkan berlangsung selama kegiatan Farewell dan Awarding Relawan #LayangkanCita. Mulai dari sharing tentang fun fact layang-layang, cerita dan nonton bareng hasil karya teman-teman relawan, hingga kegiatan puncaknya adalah ajang penghargaan bagi teman-teman relawan yang konsisten dalam mengerjakan tugas kerelawanan.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Meskipun kampanye #LayangkanCita ini berlangsung secara online, kegiatan ini membuka kemungkinan adanya berbagai manfaat. Seperti yang disampaikan oleh Nina, Executive Director TGR Community, di ruang meeting Zoom“Siapa tahu dengan adanya kampanye #LayangkanCita TGR ini bisa setidaknya mengajak anak-anak untuk kenal, berkreasi bahkan menerbangkan layang-layang itu sendiri.”

Banyak sekali cerita dan harapan relawan untuk anak Indonesia dalam momentum kampanye #LayangkanCita sebagai peringatan Hari Layang-Layang Internasional tahun ini. Mulai dari bagaimana antusiasme anak-anak yang tinggi kala diajak bermain layang-layang, bagaimana layang-layang menjadi salah satu bagian kurikulum pendidikan dan menerbangkan harapan serta impian anak Indonesia lewat kreasi layang-layang, “Harapannya anak-anak bisa terbang seperti layang-layang dan bijaksana dalam menerbangkannya,” tulis salah satu relawan #LayangkanCita. 

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Di puncak kegiatan ada penghargaan relawan terbaik #LayangkanCita. Para relawan yang mengerjakan tugas sesuai arahan panitia berhak mendapatkan hadiah khusus nan spesial dari TGR Community“Terima kasih buat para relawan #LayangkanCita, terima kasih sudah mengajak banyak anak bermain outdoor lagi khususnya layangan. Aku banyak dapat pengetahuan baru soal layang-layang ini dan budaya lokal juga. Kalian luar biasa,” tulis salah satu relawan dalam menyampaikan kesan pesannya menjadi Relawan #LayangkanCita.

TGR berharap dengan adanya kegiatan farewell dan awarding Relawan #LayangkanCita kali ini dapat memberikan sinergisitas yang tepat sasaran dan kolabarasi khususnya dalam kebaikan secara sustain dengan para relawan untuk bersama merayakan dan melestarikan permainan tradisional. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main Di Luar! (PRA/ed.SF)

Layangkancita Layang-layang Hari Layang-layang Internasional Tgr Event Tgr Campaign
Komentari Tulisan