Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

One Fun Day with PAUD Madani Jatibening

Senin, 23 Januari 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 465 Kali

Halo Sobat TGR!

Traditional Games Returns (TGR) Community kembali mengadakan kegiatan bermain permainan tradisional, nih. Pada kesempatan kali ini, tepatnya pada 18 Januari 2023 tim TGR berkolaborasi bersama murid-murid dan guru-guru PAUD Madani Jatibening, Bekasi, Jawa Barat. Terdapat kurang lebih 30 siswa dan 8 guru yang turut serta dalam kegiatan  tersebut. Sebelum kegiatan ini, PAUD Madani Jatibening sudah pernah mengenalkan tentang permainan tradisional kepada murid-muridnya, yaitu congklak.

 

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, yang diawali dengan pembacaan ikrar, tata tertib, dan senam bersama. Setelah itu, Kak Aghnina selaku perwakilan dari tim TGR mulai menjelaskan kepada para murid dan guru-guru mengenai kegiatan apa saja atau permainan apa saja yang akan dimainkan. Permainan dilakukan menjadi dua sesi yaitu, sesi indoor dan outdoor.

 

Sesi bermain pertama yaitu indoor. Setiap murid dipisahkan dan masuk sesuai kelasnya masing-masing. Tim TGR berkeliling ke tiap-tiap kelas dan bermain bersama para murid yang juga didampingi oleh gurunya dengan selang waktu sekitar 20 menit untuk satu kelasnya. Permainan yang dimainkan pun beragam, diantaranya ada jejak langkah, holahoop (lenggang rotan), keprayan, gasing, ular tangga raksasa, lompat karet, cingciripit, dan cublak-cublak suweng. Para murid bermain dengan sangat antusias meskipun ada beberapa dari mereka yang belum tahu cara memainkan permainan tradisional yang mereka mainkan tersebut. Para murid sangat senang dengan kegiatan ini, mengingat saat ini dunia pendidikan sudah mulai berjalan aktif kembali tanpa adanya aturan atau protokol kesehatan yang ketat.

 

Salah satu anggota tim TGR yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, Kak Nisa selaku Activity Instructur mengatakan bahwa “Antusiasnya parah sih, pecah banget. Dari awal pembukaan sama Kak Nina itu mereka sangat amat welcome, terus pas mulai main sama tim mereka jadi tambah excited, bahkan sampai ada yang gak mau gantian mainnya”. Ibu Mita selaku Kepala Sekolah PAUD Madani Jatibening sangat mengapresiasi kedatangan dari tim TGR  “Terima kasih sudah mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak. Semoga, dengan permainan tradisional ini anak-anak juga banyak dapat manfaatnya” ujarnya. 

      

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

Setelah sesi bermain indoor selesai, murid-murid kemudian diajak menuju lapangan (sesi outdoor) untuk bermain egrang, bakiak, dan ular naga panjang. Permainan pertama yang dimainkan adalah bakiak. Tim TGR beserta guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada para murid cara bermain permainan tersebut. Setelah itu, mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan itu sendiri yang tentunya tak luput dari pengawasan guru dan tim TGR. Setelah selesai bermain bakiak, mereka kemudian mulai mencoba bermain egrang batok. Suasana berubah menjadi sangat meriah karena para guru juga turut bermain.

 

Salah satu cara terbaik melestarikan permainan tradisional adalah dengan terus memperkenalkan dan memainkannya kepada generasi-generasi selanjutnya, khususnya anak-anak yang masih senang untuk bermain. Menurut Ibu Mita, permainan tradisional tepat disasarkan ke anak-anak karena masih dalam masa tumbuh dan berkembang sehingga harus diajakkan hal-hal yang baik atau bermanfaat bagi diri mereka, misalnya dengan bermain bakiak dapat melatih ketahanan tubuh. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (SAL/ed.AAA).

 

#tgrgoestoschool #paudmadanijatibening Permainan Traditional
Komentari Tulisan