Traditional Games Returns

Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar!

Digital Parenting: Cegah Adiksi Gadget pada Anak

Jum'at, 10 Maret 2023 ~ Oleh Traditional Games Returns ~ Dilihat 631 Kali

Halo, Sobat TGR!

Di era modern saat ini, gadget/gawai tidak hanya digunakan oleh golongan pekerja, orang tua dan pelajar saja, tetapi anak-anak usia dini juga telah menggunakannya. Bagi sebagian orang tua, memberikan gadget bagi anak dapat mempermudah pekerjaan mereka. Anak-anak cenderung diam dan tidak rewel ketika bermain gadget, sehingga dinilai wajar oleh para orang tua untuk memberikan gadget pada anak mereka.

Hal tersebut yang mendorong munculnya adiksi gadget yang dapat berpengaruh pada daya aktif dan kemampuan anak untuk bersosialisasi dengan orang lain. Anak menjadi individualis dan tidak peduli dengan lingkungan yang ada di sekitarnya (Widya, 2020). Oleh karena itu, para orang tua perlu mencegah adiksi gadget pada anak sejak dini.

Digital parenting hadir untuk membantu para orang tua membatasi penggunaan gadget pada anak-anak. Digital parenting merupakan suatu cara untuk membatasi penggunaan gadget pada anak dengan memberikan pengawasan dan pendampingan. Menurut Sisbintari & Setiawati (2021), ada beberapa cara yang dapat diterapkan oleh para orang tua sebagai bentuk penerapan digital parenting pada anak.

  

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

  • Memanajemen waktu penggunaan gadget pada anak

Manajemen waktu menjadi salah satu aspek penting dalam digital parenting untuk mencegah adiksi gadget pada anak. Ada dua cara yang dapat digunakan oleh para orang tua untuk membatasi waktu penggunaan gadget pada anak. Pertama, membuat kesepakatan dengan sang anak mengenai berapa lama waktu yang dapat mereka habiskan untuk bermain gadget dalam sehari. Cara ini merupakan suatu pola asuh yang demokratis dimana sebab anak juga ikut berperan dalam pengambilan keputusan. Kedua, membuatkan jadwal penggunaan gadget pada anak. Dengan begitu, anak akan menghabiskan waktu pada hal yang lebih produktif.

 

  • Menemani anak ketika bermain gadget

Menemani anak ketika bermain gadget dapat mencegah sang anak untuk membuka atau melihat konten-konten yang belum pantas untuk mereka lihat. Cara mendampingi anak dalam bermain gadget juga beragam, mulai dari ikut mendampingi anak ketika bermain gadget, memberikan contoh bagaimana menggunakan gadget dengan bijak, serta dapat memanfaatkan mode anak pada gadget. Mode anak mencegah mereka mengakses aplikasi dan konten-konten yang tidak sesuai dengan umur mereka.

 

  • Memonitor aktivitas browsing anak

Memonitor aktivitas browsing anak secara rutin berguna untuk meminimalisir konsumsi konten yang tidak pantas untuk usia mereka. Dengan begitu, anak dapat menggunakan gadget dengan lebih bijak. Banyaknya konten-konten yang tidak sesuai dengan anak-anak mengharuskan para orang tua agar lebih teliti dan cermat memonitor penggunaan gadget pada anak.

 

  • Tidak mengenalkan game online pada anak

Munculnya game online yang beraneka ragam berpeluang melahirkan adiksi gadget pada anak. Sehingga, para orang tua diharapkan tidak mengenalkan game online pada anak sejak pertama mereka menggunakan gadget. Perkenalkan anak pada permainan fisik di luar rumah sehingga anak dapat berkembang dengan baik dan tidak menyendiri dengan gadgetnya.

(Dokumentasi TGR Community, 2023)

 

  • Manfaatkan fitur screen time

Orang tua dapat memanfaatkan fitur screen time untuk membatasi penggunaan gadget pada anak. Anak biasanya menangis ketika gadget yang dipakai diambil. Namun, dengan menggunakan fitur screen time, gadget akan mati setelah waktu yang ditetapkan habis. Anak akan meninggalkan gadget dan beraktifitas lain yang lebih produktif.

 

  • Menggunakan aplikasi YouTube Kids

Salah satu aspek penting dari digital parenting adalah pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan anak. Youtube Kids dapat dimanfaatkan oleh para orang tua ketika tidak dapat mendampingi anak secara langsung ketika bermain gadget. Hal ini dikarenakan YouTube Kids berisi konten-konten yang layak ditonton untuk anak-anak. YouTube Kids mampu mengembangkan pengetahuan, kemampuan, dan sikap melalui konsumsi konten-konten yang ada pada Youtube Kids.

Dengan adanya digital parenting ini, diharapkan orang tua mampu mencegah anak-anak dari adiksi gadget. Sehingga anak mampu tumbuh dan berkembang dengan baik serta jauh dari kecanduan gadget. Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (NIR/ed.SF)

 

 

Referensi:

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29–34. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888

Digital Parenting Tgr Parenting Adiksi Gadget Adiksi Gawai
Komentari Tulisan